Home Apps 4 Aplikasi Pinjam Uang Online Terbaik yang Bisa untuk Investasi

4 Aplikasi Pinjam Uang Online Terbaik yang Bisa untuk Investasi

Aplikasi Pinjam Uang Online Terbaik

Pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) biasanya memiliki kendala soal dana dan modal. Tidak mudah mendapatkan pinjaman dana untuk mengembangkan usaha, apalagi yang baru mulai merintis usaha.

Tapi jangan khawatir, di zaman yang serba digital seperti sekarang ini sebenarnya banyak jalan untuk mendapatkan pinjaman modal untuk usaha. Cara meminjam uangnya bisa dilakukan secara online melalui beberapa aplikasi khusus.

Uniknya, aplikasi pinjam uang online terbaik ini juga bisa dijadikan sebagai aplikasi untuk investasi lho. Pasalnya, dalam hal ini aplikasinya mengandalkan sistem P2P Lending, yakni singkatan dari peer-to-peer lending. 

Apa maksudnya? Bagaimana caranya meminjam uang online untuk memulai usaha? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, mari simak pembahasan dari Bolt.id di bawah ini, yuk!

Apa Itu Sistem P2P Lending?

Sebelum merekomendasikan aplikasi-aplikasi pinjam uang online, di sini kami akan membahas sedikit mengenai sistem P2P Lending. Pasalnya, aplikasi peminjam uang online di bawah ini menganut sistem tersebut agar meminjam uang lebih aman dan nyaman.

P2P Lending adalah sebuah praktik meminjam uang secara online dalam wadah khusus, marketplace. Aplikasi yang menganut sistem ini akan mempertemukan sang peminjam dan orang yang meminjamkan uang (investor).

Kedua belah pihak diusahakan belum mengenal satu sama lain sehingga keduanya akan semakin kompetitif untuk mendapatkan manfaat terbaik saat meminjam uang. Jadi, situasinya begini, ada UMKM A membutuhkan dana 10 juta. Kemudian, ada investor memiliki dana 10 juta yang ingin memutar uangnya.

Akhirnya, investor meminjamkan dana 10 juta tersebut kepada UMKM A melalui aplikasi-aplikasi pinjaman online berbasis P2P Lending. Dengan begitu, transaksi hanya bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga keamanannya lebih terjaga. Jadi, aplikasi ini hanya sebagai ‘wadah’ untuk yang mau berinvestasi atau meminjam uang.

Soal keamanan bisa dibilang cukup aman karena biasanya hampir semua aplikasi pinjam uang online seperti ini sudah menyeleksi dengan seksama para peminjam uang. Jadi, investor tidak perlu khawatir soal keamanannya. Bahkan ada juga yang dibawahi oleh OJK langsung! Menarik, kan?

Aplikasi Pinjam Uang Online Terbaik

Nah, sekarang sudah mulai memahami sistem dan cara kerjanya, kini saatnya Bolt.id mau merekomendasikan beberapa aplikasi yang menjadi ‘wadah’ meminjam uang sekaligus berinvestasi. Keempat aplikasi ini tergolong aman dan mudah dilakukan. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, silakan simak di bawah ini.

1. Amartha

Amartha

Aplikasi pertama yang ingin kami rekomendasikan adalah Amartha. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Andi Taufan yang memiliki sebuah perusahaan fintech bernama PT. Amartha Mikro Fintek. Sejak tahun2016, Amartha sudah menawarkan pinjaman uang online dengan berbasis P2P Lending.

Cek Juga:  6 Fitur Whatsapp yang Paling Dibutuhkan Saat Ini!

Dengan sistem tersebut, baik para peminjam uang dan investor bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman karena sudah mendapatkan izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di tahun 2019.

Hal yang menarik dari Amartha adalah, para peminjam uang online – khususnya pelaku UMKM – bisa meminjam dana minimal Rp3 juta. Sedangkan untuk investor, Amartha mengklaim bisa mendapatkan hasil hingga 15% setiap tahunnya.

Kelebihan lainnya adalah, Amartha juga turut membantu menyejahterakan Perempuan Tangguh dalam usaha mikro di pedesaan. Dengan begitu, usaha mikro pun tetap hidup dan bisa bersaing dengan baik di industri masing-masing. Nah, untuk yang ingin coba aplikasi Amartha ini, bisa langsung unduh aplikasinya di sini, ya.

2. Investree

Investree

Aplikasi selanjutnya yang bagus untuk meminjam uang online demi kebutuhan usaha adalah Investree. Adrian Arshayanto adalah orang yang memimpin aplikasi Investree. Bahkan, aplikasi ini pun sudah berada di bawah naungan sebuah perusahaan bernama PT Investree Radhika Jaya.

Sama seperti Amartha, Investree juga menganut sistem P2P Lending yang cukup aman untuk melakukan pinjaman uang. Sesuai dengan misinya, mereka juga akan mempertahankan sebagai platform P2P Lending yang terdepan untuk peminjaman dana usaha dan investasi.

Bahkan, Investree juga selalu berusaha untuk untuk memperoleh tujuan terbaik yang diinginkan para lender dan borrower sehingga mereka bisa melakukan usaha dengan aman dan nyaman. Lantas apa saja kelebihan yang ada di Investree?

Pertama, aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah dimengerti dan bisa digunakan oleh siapa pun dengan mudah. Setiap pengguna hanya perlu mendaftarkan diri dengan mengisi identitas, seperti KTP dan NPWP. Untuk yang dari luar Indonesia, harus mengisi paspor dan akun bank-nya.

Nah, untuk transaksinya sendiri minimal 1 juta, baik untuk peminjam maupun investor. Tidak perlu khawatir tentang keamanannya karena Investree juga sudah mendapatkan izin dan pengawasan langsung dari OJK (Otoritas Jasa Keungan). Tertarik? Yuk, segera dapatkan aplikasinya di link ini!

3. KoinWorks

koinworks

Pilihan lainnya untuk meminjam uang secara online dan aman adalah aplikasi KoinWorks. Soal keamanan, KoinWorks sendiri sudah mengantongi izin dari OJK. Bahkan, mereka juga sangat transparan dalam memberikan nomor pencatatan, yakni S.87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020.

Semakin terpercaya, aplikasi ini pun punya sertifikasi di bidang layanan alegator keuangan dengan sertifikasi ISO 27001. Selain memiliki keamanan dan tingkat kepercayaan yang baik, mereka juga punya dua fitur unik yang dinamakan dengan KoinP2P dan KoinRobo.

  • KoinP2P

Untuk KoinP2P dikhususkan bagi para pendanaan non bank P2P lending. Di sini mereka mengklaim bisa mendapatkan imbal hasil efektif hingga 18% per tahun khusus untuk UMKM. Nah, untuk transaksi pinjam dan meminjamkan uangnya sendiri punya minimal nominal yang cukup rendah, yakni hanya Rp100.000 saja, berlaku kelipatan.

  • KoinRobo
Cek Juga:  Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Nah, kalau di KoinRobo ini khusus ingin yang melakukan pendanaan P2P Lending secara otomatis. Mereka mengklaim bahwa penggunanya bisa mendapatkan imbal hasil sekitar 4% hingga 13% per tahun. Untuk modalnya juga cukup rendah, mulai dari Rp100.000 yang berlaku kelipatan.

  • KoinBisnis

Kalau butuh pinjaman dengan dana yang besar tanpa jaminan atau agunan, apalagi kartu kredit, bisa andalkan fitur KoinBisnis. Mereka bisa meminjamkan dana hingga 2 miliar rupiah. Sedangkan biaya terendahnya mulai dari 0,75% s/d 5% dari jumlah pinjaman.

Untuk menyicilnya relatif rendah, yakni 9% s/d 18% per tahun dari dana yang dipinjam. Waktu cicilan, atau tenor cicilannya, cukup fleksibel dan tergolong ringan, peminjam bisa memilih mulai dari satu bulan dan yang paling lama 24 bulan.

Nah, itu tadi ketiga fitur dan layanan jasa yang ditawarkan oleh KoinWorks. Sebenarnya masih ada jasa layanan lainnya, tapi untuk lebih jelasnya bisa langsung unduh aplikasinya melalui link ini, ya.

4. Modalku

Modalku

Last but not least, ada aplikasi bernama Modalku. Aplikasi ini juga punya cara kerja yang mirip dengan ketiga aplikasi sebelumnya yang mengandalkan sistem P2P Lending. Perusahaan yang menaungi aplikasi ini adalah PT Mitrausaha Indonesia Grup, yang mana mereka juga sudah mengantongi izin dari OJK bersertifikat ISO 27001.

Untuk fiturnya sendiri, mereka lebih fokus pada UMKM non-bank. Sedangkan para investor sudah bisa mulai menanamkan modal atau meminjamkan uang kepada UMKM itu dengan dana minimal 100 ribu rupiah saja.

Untuk tenornya sendiri juga beragam, bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Minimal tenornya 3 bulan, dan paling maksimal adalah 24 bulan dengan klaim imbal hasil sekitar 8% – 24% per tahunnya.

Tapi perlu diketahui juga bahwa untuk menggunakan jasa dari aplikasi Modalku, pengguna dikenakan fee service sebanyak 3%. Jika kamu berminat untuk mencoba pinjam modal di Modalku, bisa langsung unduh aplikasinya di link ini.

Kesimpulan dan Akhir Kata

Pelaku UMKM kini tidak perlu pusing mencari dana. Sekarang bisa mendapatkan pinjaman dana dengan mudah, cepat, dan aman melalui keempat aplikasi di atas. Selain meminjam dana, untuk yang memiliki modal dan bingung mau memutar uang kemana, bisa langsung menjadi investor.

Cukup andalkan salah satu dari 4 aplikasi di atas, uang investor bisa berguna untuk para pelaku usaha yang butuh dana. Bahkan, hasilnya juga cukup menjanjikan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here