Home Teknologi Apa Itu VPN? Pengertian, Fungsi, Cara Download, Pemakaian

Apa Itu VPN? Pengertian, Fungsi, Cara Download, Pemakaian

apa itu vpn

Apakah Anda pernah mendengar istilah VPN? Ataukah Anda sudah menggunakan VPN untuk berbagai kegiatan? Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang VPN, Fungsi, Manfaat hingga bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan layanan koneksi yang menyediakan akses ke wsitur secara aman dan pribadi. VPN mengubah jalur koneksi melalui server dan juga menyembunyikan pertukaran data yang berlangsung.

Jika Anda menggunakan VPN maka aktivitas internet tidak dapat dienkripsi dan alamat IP yang sebenarnya akan disembunyikan. Sehingga tidak ada yang dapat melihat aktivitas yang Anda lakukan.

Sederhananya, VPN dapat membuat aktivitas dalam layanan internet akan lebih aman dan lebih privasi.

Selain melindungi aktivitas dan informasi ketika menggunakan internet, VPN juga menjadi andalan untuk mengakses situs yang dibatasi.

Misalkan ketika Anda menyaksikan pertandingan bulutangkis dimana tayangan langsung tersebut telah dibatasi di Indonesia karena adanya hak siar pada saluran TV.

Anda tetap bisa menyaksikan pertandingan secara live dengan menggunakan VPN. VPN mampu menghubungkan perangkat ke komputer lain di suatu tempat yang terhubung dengan internet.

Sehingga jika menggunakan VPN, maka server komputer akan menjadi negara lain yang diizinkan untuk membuka situs tertentu.

Cara Kerja VPN

apa itu vpn

Apabila Anda sudah memahami pengertian dari VPN, maka mengetahui bagaimana cara kerja VPN akan membantu Anda lebih memahami istilah ini.

VPN pada dasarnya menjamin 3 hal yakni privasi, keamanan dan kebebasan dalam menggunakan internet.

Lau bagaimana cara VPN memberikan 3 hal tersebut?

Ketika Anda ingin membuka suatu situs, maka Anda harus menggunakan perangkat seperti komputer, handphone maupun tablet. Kemudian Anda juga harus terhubung ke ISP (Internet Service Provider) seperti Telkomsel, Indosat dan sebagainya.

Sebelum terhubung ke situs, maka Anda harus melalui firewall yang diibaratkan sebagai “polisi” yang mengatur lalu lintas internet. Jika didapatkan Anda akan mengunjungi situs yang sudah dilarang, maka Anda tidak bisa mengakses situs tersebut.

Namun jika menggunakan VPN, maka firewall akan mengabaikan situs yang Anda tuju. Karena Anda tidak mengakses situs tersebut secara langsung sehingga prosesnya berubah.

Dengan adanya VPN, maka Anda bisa mengakses berbagai situs dengan lebih bebas.

Fungsi VPN

Siapa saja yang bisa menggunakan VPN? Apakah hanya pengguna individu saja yang bisa?

Cek Juga:  Cara Membuat Logo Online Gratis

Lalu, apa saja fungsi VPN ini? Apakah sekedar untuk mengakses situs yang dibatasi saja?

Ternyata, fungsi VPN cukup beragam dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Berikut ini ialah beberapa fungsi dari VPN yang perlu Anda ketahui

Membuka Website Yang Diblokir

Kegunaan pertama dari VPN ialah membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Dimana setiap negara memiliki peraturan tersendiri mengenai situs yang boleh diakses oleh pengguna internet suatu negara.

Misalkan Anda ingin membuka situs yang diblokir karena tidak lulus sensor maupun terkait hak siar lainnya. Jika Anda membuka situs tersebut tanpa menggunakan VPN tentu tidak akan bisa.

Namun dengan VPN, Anda bisa membuka situs karena negara server sudah berubah dan tidak mengikuti peraturan di Indonesia.

Menutup Riyawat Browser

Selain kebebasan, VPN juga menyediakan keamanan bagi para penggunanya. Salah satunya ialah untuk menutupi riwayat browser sehingga tidak ada yang bisa mengakses dan mengetahui histori pencarian.

Pada beberapa aplikasi bahkan histori akan langsung otomatis terhapus apabila Anda keluar dari aplikasi tersebut.

Meningkatkan Keamanan Jaringan

Pada perusahaan yang memiliki lebih dari satu kantor, maka biasanya mereka menggunakan jaringan internet untuk berbagi data.

Tentu akan sangat berisiko jika data tersebut bocor dan diketahui oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Oleh karena itu perusahaan memanfaatkan VPN demi membuat lalu lintas menjadi lebih aman.

VPN digunakan pada perusahaan yang memiliki lalu lintas penting dan sangat rahasia.

Data Dienkripsi

Pada VPN digunakan metode enskripsi sehingga seseorang tidak bisa mengidentifikasi perangkat dengan mudah. Data yang dapat dilihat hanyalah informasi yang telah dienkripsi bukan data mentah.

Mengurangi Ganguan Koneksi

VPN memilih sifat privasi sehingga hanya Anda yang menggunakan jaringan tersebut. Layaknya sebuah jalanan, tentu akan lebih lancar jika hanya ada Anda dalam jalanan tersebut bukan?

Hal ini juga berlaku ketika Anda menjelajahi internet menggunakan VPN sehingga lebih lancar dan mengurangi adanya gangguan.

Cara Download VPN

Anda bisa menggunakan VPN melalui situs maupun aplikasi yang ditawarkan banyak penyedia. Bagi Anda yang ingin menggunakan VPN di perangkat mobile, gunakanlah aplikasi VPN.

  • Buka Play Store untuk mendownload aplikasi VPN. Terdapat beragam pilihan aplikasi VPN, salah satu pilihannya ialah Turbo VPN. Download aplikasi tersebut
  • Tunggu sampai proses download selesai. Setelah selesai, buka aplikasi
  • Pilih negara yang akan Kamu gunakan sebagai server, lalu klik
  • Tunggu sampai proses connect selesai
  • Kini Kamu bisa menggunakan VPN untuk mengakses internet

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Apakah VPN mempunyai kekurangan? Tentu saja, setiap keunggulan yang dimiliki disertai dengan kekurangan pada VPN. Berikut ini ialah kelebihan dan kekurangan VPN

Kelebihan Kekurangan
Penyedia layanan internet tidak memiliki aktivitas pengguna Penyedia layanan VPN dapat memiliki akses ke aktivitas pengguna
Identitas IP asli pengguna tidak akan diketahui publik Pengguna bisa saja melakukan pemalsuan IP
Bisa berselancar dengan bebas Jika menggunakan layanan gratis maka aka nada batasnya
Cek Juga:  Pengertian, Jenis-Jenis dan Cara Kerja Hacker

Apakah VPN Aman?

Banyak pertanyaan yang muncul apakah menggunakan VPN aman? VPN dapat menyediakan koneksi yang sangat aman, namun itu juga tergantung pada protokol yang digunakan untuk melakukan koneksi.

Keamanan VPN masih terkendala dua faktor yakni batasan teknologi yang digunakan untuk mengembangkan VPN. Faktor kedua ialah batasan hukum yang dapat mempengaruhi apa yang dilakukan oleh teknologi.

Untuk keamanan pengguna, Anda bisa menggunakan VPN sesuai dengan tujuan yang jelas. Kemudian pilihlah perusahaan VPN yang aman dan memang memiliki kredibilitas yang baik.

Apakah kini Anda semakin yakin untuk menggunakan VPN? Gunakan VPN untuk mendapatkan pengalaman menggunakan jaringan internet yang lebih bebas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here