Home Tips Aplikasi Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh Tanpa Harus Bayar

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh Tanpa Harus Bayar

Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh Tanpa Harus Bayar

Sekarang ini, zaman sudah serba online. Tidak hanya chatting saja yang bisa dilakukan online, karena menyimpan data pun bisa dilakukan secara online juga. Ada banyak cara untuk menyimpan data online, salah satunya adalah penyimpanan awan.

Bahkan, saat ini juga banyak penyedia jasa penyimpanan cloud storage. Tapi yang paling populer adalah Google Drive. Di sana kamu bisa menyimpan berbagai macam jenis file, mulai dari gambar, foto, video, hingga dokumen. Fyi, semua email dari Gmail pun disimpan dalam Google Drive.

Namun ada satu kekurangan Google Drive, yakni kapasitas ruang penyimpanan yang sempit. Untuk versi gratisnya, pengguna hanya bisa menyimpan data 15GB saja. Kalau ingin memperluas kapasitasnya, harus upgrade ke versi berbayar.

Tapi, kalau kamu keberatan akan hal tersebut, di sini Bolt.id mau memberikan tips dan cara mengatasi penyimpanan Google Drive penuh tanpa harus bayar. Penasaran? Kalau begitu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Google Drive

Sebelum memasuki ke pembahasan inti, mari ketahui dulu pengertian dari Google Drive. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Google Drive ini adalah sebuah jasa penyimpanan awan, alias cloud storage. Cara kerjanya mirip dengan dropbox atau OneDrive.

Artinya, di Google Drive, pengguna tidak hanya bisa menyimpan data saja tapi bisa melakukan hal lebih dari itu, seperti:

  • Menyimpan file apapun – pengguna bisa menaruh foto, video, hingga dokumen di dalam Google Drive dengan aman.
  • Berbagi file – setiap file yang disimpan di Google Drive, bisa diakses oleh siapa pun. Tapi syaratnya, pengguna Google Drive harus memberikan izin akses pada orang yang mau akses file tersebut. Hal ini tentu saja memudahkan karena tidak perlu mengirim file satu persatu ke orang tertentu.
  • Mengedit file – berbagai dokumen yang punya format word, excel, atau power point bisa langsung mengedit filenya di Google Drive. Dokumen yang sudah disunting secara otomatis akan disimpan online di dalam Google Drive.
  • Bisa diakses dimana pun – untuk masuk ke Google Drive, pengguna bisa mengandalkan PC, laptop, tablet, HP, dan perangkat smartphone lainnya.
  • Backup file – ini yang paling disukai karena Google Drive biasanya difungsikan sebagai tempat untuk melakukan backup file. Jadi, kalau kamu punya data atau dokumen penting yang tidak ingin terhapus, bisa percayakan di Google Drive, ya.
  • Backup chat WhatsApp – bukan cuma file saja yang bisa di-backup tapi juga semua chat WA bisa disimpan di dalam Google Drive. Untuk yang ingin menyimpan pesan-pesan penting dari WA, silakan akses Google Drive-nya!
Cek Juga:  Cara Mudah Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

Nah, dari semua hal yang bisa dilakukan oleh Google Drive maka tidak heran jika jasa penyimpanan file online dari Google ini banyak peminatnya.

Tapi perlu diingat bahwa versi gratis Google Drive hanya menyediakan kapasitas 15GB saja. Sangat sedikit, jadi kamu harus pintar-pintar mengatur kapasitasnya agar tidak kepenuhan.

Kalau mau kapasitas yang lebih luas lagi, boleh mengandalkan versi berbayar atau bisa ikuti cara dari Bolt.id di bawah ini, ya!

Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh Tanpa Harus Bayar

Tadi sudah tahu tentang Google Drive, sekarang kami mau memberikan cara serta tips untuk mengatasi penyimpanan Google Drive yang sudah penuh, alias sudah melewati batas kapasitas.

Cara-cara ini tidak perlu bayar, jadi kalau yang berminat bisa disimak baik-baik untuk ulasan Bolt.id di bawah ini, ya!

1. Menghapus dan Memilih File yang Ada di dalam Google Drive

Seperti yang diketahui bahwa kapasitas Google Drive versi gratis itu sangat terbatas, hanya 15GB saja. Maka dari itu, penting bagi pengguna untuk menyortir dan memilih file yang akan disimpan ke dalam Google Drive.

Tipsnya adalah, simpan saja file-file yang penting dan memang sangat dibutuhkan saja. Jika ada file yang dianggap tidak penting, lebih baik dipindahkan ke storage lainnya, bisa disimpan ke dalam hardisk, memori HP, flashdisk, dan lainnya.

Atau, kamu juga bisa menghapusnya beberapa file yang dirasa kurang penting. Untuk cara menghapusnya sangat mudah, hanya perlu beberapa kali klik saja. Jika masih kurang yakin, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, bukalah Google Drive yang kapasitasnya ingin dikurangi. Lalu, pilihlah file apapun yang menurutmu layak untuk dihapus. Setelah itu, ada simbol titik tiga menjajar ke bawah di bagian filenya, klik simbol itu.

Menghapus file 1

  • Langkah kedua, pengguna akan diarahkan dengan berbagai opsi menu. Untuk menghapus filenya, langsung klik menu Hapus atau Delete.

Menghapus file 2

  • Belum selesai, karena file yang sudah dihapus tidak akan dihapus secara permanen oleh Google Drive. Jadi, sekarang masuk ke tahap penghapusan file secara permanen dengan klik opsi Sampah atau Trash.

Menghapus file 3

  • Kemudian, pilih file yang ingin dihapus secara permanen. Kemudian klik lagi simbol titik tiga yang menjajar ke bawah.

Menghapus file 4

  • Terakhir, pengguna langsung diberikan opsi untuk menghapus file tersebut secara permanen. Nah, silakan langsung klik opsi Hapus Permanen atau Delete Permanent. 

Menghapus file 5

Perlu diketahui, bahwa setiap file Google Drive yang dihapus tidak akan langsung terhapus melainkan masuk ke dalam folder “sampah” terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk berjaga-jaga jika pengguna ingin mengembalikan file seperti semula.

Namun, semua file yang ada di dalam folder “sampah” hanya disimpan dalam waktu kurang lebih selama tiga bulan (bisa berubah kapan saja). Jadi, kalau sudah lebih dari waktu yang ditetapkan maka Google Drive akan melakukan penghapusan file di “sampah” secara permanen.

Cek Juga:  Cara Upload File PDF ke Google Drive dan Bisa Dibaca Semua Orang

2. Menambahkan Akun Google Lain di HP

Cara lain untuk mengatasi penyimpanan Google Drive yang penuh adalah dengan menambahkan akun Google lain di HP yang kamu gunakan saat ini. Sedikit informasi bahwa semua yang memiliki akun Google atau email dari Gmail maka secara otomatis akan mendapatkan jatah Google Drive.

Jadi, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk bisa menambah kapasitas Google Drive secara gratis. Kelemahannya, kamu harus mengingat semua email dan password yang ditambahkan ke HP kamu, ya. Untuk cara menambahkan akun Google lainnya, bisa cek langkah-langkah berikut ini:

  •  Pertama, silakan masuk ke dalam Google Drive dan klik bagian profil yang ada di pojok kanan atas.

Tambahkan akun google 1

  • Kemudian, Google akan memberikan rekomendasi beberapa akkun Google yang sudah terdaftar dan masuk di HP kamu. Biasanya akun-akun ini yang sudah login di akun Gmail pada HP, ya.

Tambahkan akun google 2

Selesai dari semua akun Gmail yang sudah login tadi masing-masing memiliki kapasitas Google Drive gratis sebanyak 15GB. Nah, di sini kamu tinggal masukkan file-file penting yang di Google Drive yang ada di setiap akun Gmail-nya.

Kesimpulan dan Akhir Kata

Penyimpanan awan atau cloud storage memang menjadi pilihan yang bagus untuk menyimpan data-data secara online. Namun kendalanya adalah penyimpanan awan versi gratis Google Drive hanya menyediakan kapasitas 15GB saja.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa gunakan beberapa cara yang sudah dipaparkan sebelumnya. Tinggal ikuti saja cara mana yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi, kalau kamu punya tips dan cara lainnya soal Google Drive, bisa berikan pendapat di kolom komentar, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here