Home Teknologi 6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome

Kalau bicara soal mesin pencari, sudah pasti hampir semua dari manusia yang melek internet akan langsung menyebut nama Google. Padahal, banyak mesin pencari lain yang sebenarnya juga bisa kita akses selain Google.

Ada mesin pencari, seperti Yahoo, Yandex, Ask, AoI, Microsoft Bing, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, nama Google rupanya sudah terlanjur melekat pada teknologi mesin pencari yang saat ini memang banyak digunakan oleh masyarakat.

Bahkan, survei per Desember 2020 menunjukkan para pengguna mesin pencari di internet 91,38 persen memilih untuk menggunakan Google sebagai mesin pencari andalan mereka. Hal tersebut memang tidak berlebihan.

Pasalnya, Google memiliki kelengkapan yang lebih dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Kamu bisa mencari berbagai jenis informasi yang ada di dunia ini, mulai dari gambar, berita, referensi penelitian, tulisan fiksi, lowongan kerja, video, dan masih banyak lagi.

Namun, tentu kamu bertanya-tanya, siapa orang yang ada di balik kehebatan dan kelengkapan fitur dari Google ini? Bagaimana mereka bisa mendirikan Google hingga sebesar ini? Nah, pada pembahasan berikutnya akan sedikit dijelaskan soal sejarah berdirinya Google.

Sejarah Berdirinya Google

Berawal dari Sebuah Jurnal

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome
Founder Google, Sergey Brin dan Larry Page.
Source: Kumparan

Google didirikan oleh dua orang mahasiswa pascasarjana Ilmu Komputer Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya sempat terlibat lebih dalam sebuah proyek digitalisasi perpustakaan kampus.

Page dan Brin saling bagi tugas dalam proyek tersebut. Brin mempunya ide untuk mengembangkan sistem penambangan data. Sementara itu, Page berfokus pada konsep pengutipan suatu makalah penelitian yang bisa ditemukan di makalah lain.

Konsep pemikiran yang dipikirkan oleh Page dan Brin inilah yang melahirkan sebuah jurnal penelitian berjudul Anatomi Mesin Pencari Web Hipertekstual Skala Besar. Dalam jurnal tersebut, Page dan Brin melakukan riset terhadap 518 juta laman web.

Jurnal yang diterbitkan oleh Page dan Brin itu pulalah yang akhirnya melahirkan sistem algoritma PageRank. Algoritma PageRank inilah yang nantinya akan menjadi pondasi berdirinya mesin pencari Google yang saat ini kita kenal.

PageRank Jadi Pondasi Google

Dalam algoritma PageRank, data backlink akan dikumpulkan oleh bot pengindeks website (spiderbot) menjadi sebuah sajian penting dalam laman web tertentu. Sederhananya, algoritma yang diciptakan ini akan mampu mengukur objektivitas link yang ditautkan dalam sebuah laman dan mengutamakan sebuah laman web daripada laman web tertentu.

Cek Juga:  Cara Mematikan Centang Biru Saat Membaca Pesan WhatsApp

Brin dan Page mengaku kalau konsep dari sistem algoritma PageRank yang mereka gunakan memang terinspirasi dari mesin pencari asal China, Baidu, yang didirikan oleh Robin Li Yanhong. Pada 1996, Brin dan Page mulai merintis mesin pencari buatan mereka dengan nama BackRub.

BackRub menggunakan algoritma PageRank dan bahasa pemrograman Java dan Phyton. Selain itu, BackRub juga dijalankan dengan komputer yang masih sederhana dengan menggunakan sistem operasi Linux.

Awalnya Hanya Typo, tetapi Jadi Tenar

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome
Logo Google
Source: Istimewa

Pada awalnya, BackRub ini menggunakan server langsung dari jaringan internet Universitas Stanford. Akan tetapi, pihak kampus tidak ingin kalau jaringan internet mereka menjadi terganggu karena penggunaan BackRub yang diciptakan oleh Brin dan Page.

Alhasil, kantor BackRub yang awalnya berada di asrama Page dipindahkan ke garasi rumah Susan Wojcicki, seorang wanita yang saat ini menjadi CEO YouTube. Kemudian, Page ingin meningkatkan kemampuan agar BackRub semakin mudah diakses oleh orang.

Selain itu, BackRub pun mulai berubah nama. Awalnya, rekan Page, Sean Anderson, mengusulkan nama googolplex yang terinspirasi dari istilah matematika ketika angka 1 diikuti oleh 100 angka 0. Namun, Page tak ingin namanya terlalu panjang dan diberi nama yang lebih pendek, yakni googol.

Akan tetapi, Anderson justru melakukan typo dan tulisan yang seharusnya googol berubah menjadi google. Nama Google ini justru disukai oleh Page dan digunakan hingga saat ini. Domain google.com pun resmi meluncur pada 15 September 1997 silam.

Bagaimana Cara Kerja Google?

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome
Ilustrasi cara kerja Google.
Source: Carisinyal

Setelah mengetahui sejarah berdirinya Google, mungkin kamu akan sedikit penasaran tentang bagaimana Google bekerja. Apalagi, Google bisa memberikan puluhan bahkan ratusan juta hasil hanya dalam waktu singkat.

Pada bagian ini, kamu akan sedikit mengenal soal tiga cara kerja Google yang mereka publikasikan dalam situs resmi mereka.

1. Crawling and Indexing

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome
Ilustrasi Crawling and Indexing.
Source: Carisinyal

Hal pertama yang dilakukan oleh Google adalah melakukan crawling and indexing. Pada bagian ini, mesin perayap situs (crawler) telah lebih dulu mengunjungi triliunan situs yang ada di internet bahkan sebelum kamu melakukan penelusuran.

Mesin itu akan menggunakan tautan yang ada di dalam suatu situs untuk menemukan halaman lain. Tak hanya itu, mesin perayap akan mengecek apakah situs sudah tidak aktif atau ada perubahan tertentu.

Data yang sudah didapatkan dari berbagai situs itu akan masuk ke dalam server Google. Di dalam server ini nantilah akan dilakukan proses pengaturan indeks penelusuran. Indeks penulusuran ini bisa berisi ratusan miliar halaman dan berkapasitas mencapai 100 juta GB.

2. Algoritma Penelusuran

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome
Ilustrasi algoritma penelusuran.
Source: Carisinyal

Setelah melakukan proses crawling and indexing, Google akan melakukan pemilahan dengan menggunakan algoritma penelusuran. Proses pemilahan ini akan menemukan hasil yang paling relevan dengan kata kunci yang kamu masukkan.

Cek Juga:  5 Cara Mencari Filter Instagram Trending Terbaru

Beberapa pertimbangan yang digunakan, yaitu halaman web, tingkat keahlian sumber, dan lokasi kamu mengakses kata kunci tersebut. Hebatnya lagi, proses penelusuran menggunakan algoritma ini hanya membutuhkan waktu yang sangat cepat.

Bahkan, Google bisa memberikan informasi yang spesifik dan melakukan koreksi terhadap pemasukan kata yang salah ketik atau salah istilah. Oleh karena itu, tidak heran kalau kamu bisa mendapatkan banyak info, meskipun hanya mengetikkan satu kata kunci.

3. Penyajian

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome
Ilustrasi penyajian pada Google.
Source: Carisinyal

Setelah melalui pemilahan dengan algoritma penelusuran, Google pun menyajikan data yang didapatkan kepada para penggunanya secara spesifik. Tak hanya itu, Google juga memberikan berbagai variasi data, seperti gambar, video, animasi, infografik, dan lain sebagainya.

Pemilihan penyajian yang spesifik ini dinilai mampu membantu perangkat kecil, seperti ponsel agar tidak turun performa. Hal itu dikarenakan ponsel memiliki bandwidth yang lebih terbatas dibandingkan dengan laptop atau komputer.

6 Cara Menjadi Google sebagai Halaman Awal pada Chrome

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome
Halaman awal Google.
Source: Istimewa

Buat kamu yang rajin menggunakan Google sebagai mesin pencari, pasti sering menggunakan browser Chrome, entah itu di ponsel, komputer, atau laptopmu. Beberapa tahun belakangan, browser keluaran Google ini memang lebih populer dan menggeser nama tenar Mozilla Firefox.

Nah, demi mempermudah kamu agar bisa mengakses halaman awal Google lebih cepat, pada bagian ini akan dijelaskan mengenai cara menjadikan homepage Google menjadi halaman awal dari browser Chrome milikmu. Setidaknya, enam tiga langkah mudah yang bisa kamu lakukan, berikut ini caranya:

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka browser Chrome yang ada di laptop atau komputer milikmu.

2. Kemudian, klik simbol titik tiga vertikal yang berada di pojok kanan atas di bawah simbol silang. Dari sekian banyak menu yang ditampilkan, kamu pilih “Settings”.

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome

3. Pada menu Settings, kamu akan disuguhi dengan berbagai submenu. Pilih submenu “Search engine” yang berada di deretan sebelah kiri. Jika sudah, perhatikan ada bagian “On startup”. Pilih “Open a spesific page or set of pages” dan klik simbol lingkaran yang ada di sebelah kirinya.

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome

4. Pada bagian bawah yang sudah kamu klik, akan ada tulisan berwarna biru “Add a new page” klik tulisan tersebut dan akan muncul kotak dialog kecil.

5. Pada kotak dialog kecil itu ketikkan alamat homepage Google, yakni google.com. Jika sudah, klik tombol biru bertuliskan “Add”.

6 Cara Menjadikan Google sebagai Halaman Awal Chrome

6. Pengaturan yang kamu lakukan sudah selesai. Dan kini kamu tinggal menutup dan membuka ulang browser Chrome milikmu. Saat kamu membuka kembali, kamu sudah akan langsung diarahkan pada homepage

Akhir Kata

Nah, itu tadi sekilas penjelasan mengenai sejarah, cara kerja, dan juga bagaimana kamu bisa membuat homepage Google menjadi halaman awal di browser Chrome milikmu. Semoga sejarah dari Google bisa menginspirasi kamu untuk melakukan inovasi-inovasi luar biasa ke depannya.

Cek Juga:  Apa Itu Cloud Computing? Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Contoh

Selain itu, cara kerja dan tutorial dari artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, baik secara wawasan maupun kemampuan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here