Home Apps Inilah Pengertian, Cara Membuka, Edit dan Konversi APK

Inilah Pengertian, Cara Membuka, Edit dan Konversi APK

APK 1
*Sumber: Android Police

Para pengguna smartphone pasti sudah tidak asing dengan instal dan uninstal aplikasi di ponselnya. Kita biasanya memakai Google Play untuk mencari berbagai aplikasi yang dibutuhkan lalu menginstalnya di ponsel. Begitu pula dengan aplikasi yang tidak ada di Google Play, kita dicari dan instal bebas dari berbagai situs. 

Banyak yang berpikir jika aplikasi yang sering kita download dan instal di ponsel itu disebut APK. Pasalnya nama APK ini memang sudah sangat familiar dan sangat umum didengar banyak orang. Nyatanya baik aplikasi dan APK itu tidaklah sama, keduanya adalah hal yang berbeda.

Kali ini Bolt.id akan membahasa lebih dalam mengenai apa sih APK itu? jadi jangan sampai ketinggalan, kamu bisa membacanya dibawah ini. 

Pengertian APK

Pengertian APK
*Sumber: TechEngage

Dikutip dari Wikipedia, APK adalah kepanjangan dari Android package kit atau dalam bahasa Indonesianya berkas paket aplikasi. Jadi APK ini sebenarnya merupakan format berkas dari aplikasi yang dipasangkan di Android. Karena dalam paket ini tersimpan berbagai elemen yang dibutuhkan pada proses instal aplikasi di Android.

Format APK ini akan mendistribusikan dan memasang software dan middleware ke ponsel sistem Android. APK ini memang tidak terlihat dan kadang tidak disadari, karena kebanyakan proses instalasinya memakai Google Play. Tapi ada beberapa APK yang bisa di instal tanpa bantuan Google Play. 

Biasanya APK ini bisa kamu download secara manual di situs-situs online. Seperti berbagai downloader untuk YouTube, game hingga editor foto. Aplikasi ini bisa dengan mudah didapatkan di berbagai situs di internet. Kamu cukup mendownload dan menginstal aplikasi tersebut ke ponsel mu meski tanpa bantuan Google Play. 

Berbeda dengan APK dari Google Play yang sudah memiliki proteksi, APK yang kamu dapatkan dari tangan ketiga ini tidak semuanya aman dan terproteksi. Karena bisa saja aplikasi ini ternyata trik dan tipuan untuk memasang berbagai jenis malware di ponselmu. Jadi harus lebih berhati-hati saat memasang APK di luar dari Play Store.

Sebenarnya file APK ini memang ditujukan untuk para pengguna ponsel yang berbasis Android. Jadi format APK ini memang tidak bisa digunakan dan diinstal dalam ponsel yang berbasis iOS. 

Sekarang sudah tahu dong, kalau aplikasi itu tidak sama dengan APK. Karena APK adalah jenis format dari aplikasi yang digunakan untuk ponsel Android. Kalau dianalogikan, seperti format exe untuk digunakan pada instalasi di windows, PC, Laptop atau desktop. 

Cara Membuka APK

Vara Buka APK
*Sumber: Lifewire

Setelah menganal apa itu APK, kita juga harus tahu dong cara untuk membuka berkasnya. Berikut penjelasannya:

Membuka APK di Play Store OS Android

Membuka APK dalam ponsel yang berbasis Android sebenarnya cukup mudah, bahkan sangat sering dilakukan. Cara pertama yang akan kita bahas adalah dengan cara mengunduh via Play Store, berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungilah Play Store di ponsel.
  2. Ketik nama APK dalam bar search.
  3. Pilih APK mana yang diperlukan.
  4. Dalam tampilan penjelasan aplikasi, klik menu instal.
  5. Tunggu hingga proses unduh selesai dan APK bisa kamu jalankan.

Membuka APK dari Sumber Tidak dikenal di OS Android

Selain melalui Play Store, salah satu cara yang tidak kalah sering dilakukan adalah dengan mengunduh dari sumber tidak dikenal. Biasanya APK bisa di unduh di berbagai situs dan dipasangkan ke ponsel secara manual, berikut langkah-langkahnya:

  1. Download APK yang kamu inginkan ke ponsel.
  2. Masuk ke menu Pengaturan di ponsel.
  3. Pilihlah menu App & Notification.
  4. Klik menu Advance.
  5. Selanjutnya pilih Special App Access.
  6. Langkah terakhir, pilih Install Unknown apps.

Hal yang harus diingat dalam pembukaan APK dengan cara ini adalah selalu klik enable saat melakukan instalasi aplikasi.

Membuka APK di Windows

Sudah dibahas sebelumnya, APK adalah format dari software dan middleware untuk ponsel berbasis Android. Tapi bukan berarti APK ini tidak bisa dibuka di Windows lho, karena ada cara yang mudahnya. Cukup menggunakan Android emulator dan kamu sudah bisa membuka file APK di Windows. 

Beberapa Android emulator yang cukup dikenal oleh banyak orang adalah Bluestacks, LD Player, Android Studio’s emulator hingga Nox dan PrimeOS. Memakai Android emulator ini juga sangat mudah, bahkan pemula pun bisa memakainya. Jadi kamu bisa menikmati berbagai aplikasi Android via Windows, laptop atau PC.

Cara Untuk Edit APK

Edit APK
*Sumber: Service

Ada beberapa cara untuk mengedit APK yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengedit APK ini via ponsel atau Windows, sesuai kenyamanan saja. Tapi untuk mengedit APK memang tidak bisa dilakukan sembarang orang, karena harus paham coding.

Selain itu untuk melakukan perubahan ini kamu membutuhkan bantuan aplikasi editor APK. Kami akan memberitahu aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk edit APK. Berikut beberapa Aplikasi editor APK yang bisa digunakan:

1.  APKtool

Kamu bisa mengedit APK dengan menggunakan APKtool di komputer mu. Untuk mengedit APK membutuhkan pengetahuan soal JAVA, sistem file di Windows dan Android. Edit APK ini memang tidak mudah, karena hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. 

APKtool ini memang menjadi salah satu software terbaik dalam proses reverse engineering. Program gratis dan ringan ini memiliki banyak kemampuan. Memecahkan kode dan menyusunnya kembali melalui pengeditan. Uniknya APKtool ini termasuk dalam program yang terpelihara dan fiturnya selalu diperbaiki. 

2.  APK Studio

APK Studio memang bukan tools untuk edit APK yang ramah dengan pemula. Pasalnya APK Studio ini memang terlalu rumit, karena tools ini bisa melakukan semua hal. Mulai dari mengedit secure codes, resources dan mengkompilasi. APK Studio adalah salah satu software rekomendasi bagi para pengembang Android profesional. 

Program ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang bisa kamu gunakan. Mulai dari decompile dan recompile file APK, dapat mengelola banyak frameworks hingga otomatis signing dan fitur zipalign. Kamu juga bisa melihat source code dan resource sumber daya dai aplikasi Android. 

3.   APK Easy Tool

Program APK Easy Tool mungkin akan menjadi salah satu favorit pemula, karena program ini bisa membuat proses editing APK jadi lebih sederhana sesuai namanya. APK Easy Tool ini program yang ringan, jadi bekerja secara efisien dan UI-nya mudah dipahami. 

Kamu bisa dengan mudah memakai drag and drop untuk memindahkan file yang ingin di kompilasi atau dekompilasi. Fitur lainnya adalah mengaktifkan atau menonaktifkan pemeriksaan update dan ekstraksi file apk dari arsip ZIP.

Terakhir APK Easy Tool ini memiliki framework management yang mencakup kemampuan mengubah path dan tag. Sebenarnya masih banyak software yang bisa kamu gunakan untuk mengedit file APK. kamu bisa membaca lebih lengkapnya di link ini

Cara Konversi File APK

Konversi APK

Ada berbagai cara untuk mengkonversi file menjadi file APK. Salah satunya adalah mengkonversi aplikasi dari Play Store ke APK. Manfaatnya agar kamu tidak perlu repot mencari lagi ketika melakukan factory reset. Selain itu kamu juga bisa menjadikannya sebagai backup saat akan dibagikan pada orang lain. 

Dikutip dari AndroLite, berikut cara mudah untuk mengkonversi aplikasi Play Store ke APK. Berikut penjelasannya:

1.  Tools Clean Master

Aplikasi satu ini pasti sudah tidak asing lagi banyak para pengguna ponsel Android. Aplikasi yang biasanya dijadikan sebagai pembersih RAM, phone boost, antivirus hingga app lock. Ternyata Clean Master ini juga memiliki fungsi untuk bisa mengkonversi aplikasi dari Play Store menjadi APK. 

Caranya konversinya juga sangat mudah, setiap orang pasti bisa melakukannya. Kamu cukup membuka aplikasi Clean Master, lalu memilih menu Tools di bagian bawah. Carilah App Manager lalu pilih aplikasi mana saja yang akan dikonversi. Terakhir pilih “Backup Installation Package”, proses konversi pun selesai. 

2.  APK Extractor

Menjadi program yang khusus untuk mengkonversi aplikasi menjadi APK ini mungkin menjadi salah satu pilihan mu. Pasalnya program ini hampir bisa membuat backup dari semua aplikasi yang ada di Android. Mulai dari kontak, kamera, SIM card hingga systemUI dan cara konversinya juga sangat mudah. 

Setelah kamu menginstal aplikasinya, kamu bisa menjalankan dan tinggal memilih aplikasi mana yang mau di backup. Setelah proses backup selesai, kamu bisa mencari hasilnya di internal ponsel dengan nama folder “ExtractedApks”.

3.  Konversi di Windows

Selain memakai aplikasi atau program yang bisa di instal di ponsel, kamu bisa juga mengkonversi aplikasi Play Store lewat Windows. Cara konversinya juga tidak kalah mudah dari cara konversi lewat ponsel. Kamu cukup buka APK Downloader untuk bisa mengubah aplikasi Play Store jadi APK. 

Pertama kamu harus membuka situs Google Play Store terlebih dahulu. Setelah itu copy link dari aplikasi yang ingin di konversi ke APK Downloader. Tempel link di tulisan “Package name or Google Play URL”, lalu klik “Generate Link Download”. Klik menu “Dowload” lalu tunggu hingga proses konversi selesai. 

Sekarang pasti sudah tahu apa pengertian dari APK yang sebelumnya dianggap sebagai singkatan dari aplikasi. Jika kamu ingin tahu cara memasang 2 whatsapp dalam 1 HP Android? jangan lupa klik link ini

Cek Juga:  Ini Dia 7 Aplikasi Alternatif Play Store untuk Download Aplikasi dan Game Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here