Home Apps Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Sudah tidak asing dengan aplikasi chatting WhatsApp? Memang aplikasi WhatsApp sangat populer di Indonesia dengan berbagai macam alasan, salah satunya adalah fiturnya yang lengkap. Bukan hanya untuk chatting mengirim pesan, gambar, atau video saja, WA bisa melakukan lebih dari itu.

Nah, salah satu fitur yang sangat membantu adalah Live Location. Fitur ini sangat efektif untuk mengetahui lokasi seseorang karena fiturnya terintegrasi dengan GPS yang ada di HP. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

Atau, masih bingung dengan fitur Live Location? Tenang saja, di sini Bolt.id akan mengulas khusus fitur Live Location secara lengkap tentang fitur ini dan cara menggunakannya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita simak ulasan Bolt.id berikut ini!

Apa Itu Fitur Live Location WhatsApp?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita pahami dulu mengenai fitur Live Location yang ada di WhatsApp! Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk menunjukkan lokasi secara live dan real-time.

Jadi, dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui lokasi seseorang yang chat ke WhatsApp kamu. Namun syaratnya, orang tersebut harus mengirimkan atau tag location ke room chat dulu, barulah kamu bisa mengetahui letak lokasi sang pengirim Live Location. 

Selain itu, kamu juga bisa mengirim atau tagging location ke chat WA orang lain. Dengan begitu, orang yang menerima chat lokasi tersebut bisa mengetahui posisi kamu berada.

Tapi perlu diketahui juga, bahwa Live Location tidak bisa bertahan 24 jam. Untuk jangka waktunya sendiri dibagi menjadi tiga kategori, yaitu 15 menit, 1 jam, dan yang paling lama adalah 8 jam. Lewat dari ketiga kategori tersebut maka live location akan langsung berhenti secara otomatis. Namun kamu juga bisa menonaktifkannya secara manual.

Cek Juga:  Cara Menggunakan 2 WhatsApp Dalam 1 HP Android Termudah

Oh iya, hal yang perlu diketahui bahwa selama melakukan live location akan menyedot kuota internet karena untuk melakukan update lokasi harus menggunakan GPS. Untuk bisa mendapatkan lokasi yang cukup akurat maka digunakanlah internet untuk memantau lokasi GPS-nya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa live location tidak bisa digunakan secara offline dan harus selalu online. Pastikan bahwa kuota internet yang digunakan telah mencukupi, ya. Lebih baik lagi jika menggunakan jaringan Wi-Fi.

Jika jaringan internet terganggu maka hal ini juga akan mengganggu titik lokasinya sehingga lokasi yang dilaporkan mungkin tidak akan terlalu akurat. Semuanya tergantung dengan internet.

Cara Menggunakan Fitur Live Location WhatsApp Termudah

Nah, sekarang sudah tahu tentang fitur Live Location, kini saatnya mempraktikan tata cara menggunakan fitur Live Location WhatsApp. Tidak sulit, kok, kamu bisa ikuti beberapa langkah simpel berikut ini:

1. Hal paling pertama, tentu saja membuka aplikasi WhatsApp. Lalu, buka room chat yang ingin kamu kirimkan lokasi.

2. Kemudian, silakan klik simbol seperti peniti yang ada di bagian bawah, tepat di samping simbol kamera.

1

3. Langkah berikutnya, WhatsApp akan menampilkan beberapa menu dan di sini kamu bisa memilih menu Location.

2

4. Pada tahap ini ada dua pilihan menu, tapi di sini kamu bisa klik pada menu Share Live Location.

3

5. Langkah selanjutnya, pilih durasi live location yang diinginkan. Bisa sesuaikan saja dengan kebutuhan, boleh 15 menit, 1 jam, atau 8 jam. Pilih salah satunya saja, ya. Jika sudah bisa langsung Send dengan klik tanda panah berwarna hijau.

4

6. Nah, jika kamu ingin menonaktifkan fitur live location secara manual maka silakan klik pada opsi Stop Sharing.

Cek Juga:  4 Cara Mengetahui Pemilik Nomor WA yang Tak Dikenal

whatsapp live location

Selesai, cara menggunakan fitur ini memang sangat mudah, hanya perlu melakukan beberapa kali klik saja dan kamu sudah bisa mengirim lokasi secara real time. Sudah pernah mencobanya?

Tips Menggunakan Fitur Live Location

Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Nah, agar lebih efektif dalam menggunakan fitur live location WhatsApp ini, perlu menerapkan beberapa tips dan trik yang akan kami paparkan. Apa saja, sih, tipsnya? Jika kamu penasaran, bisa langsung simak beberapa tips yang ada di bawah ini, ya!

  • Pilih durasi live location dengan tepat

Tips yang pertama adalah memilih durasi live location yang akan dikirim. Sudah tertera bahwa ada tiga durasi yang bisa dipilih, yaitu 15 menit, 1 jam, hingga 8 jam. Biasanya live location digunakan untuk mengetahui perjalanan seseorang untuk sampai tujuan.

Nah, agar kuota internet tidak mubazir, kamu bisa mengira-ngira waktu yang tepat selama perjalanan sampai menuju lokasi. Misalnya, jika kamu berangkat dari Bandung dengan tujuan Jakarta maka bisa pilih durasi 1 jam saja.

Mengirim live location-nya bisa dimulai dari Bekasi atau lokasi yang agak dekat dari Jakarta. Namun, jika kamu ingin mengirim lokasi dari awal perjalanan maka pilihlah durasi 8 jam yang lebih lama.

Walaupun perjalanannya kurang dari 8 jam, kamu masih bisa menghentikan fitur tersebut secara manual. Jadi, pilihan kembali pada pengguna. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  • Pastikan jaringan internet stabil

Fitur live location ini sangat bergantung pada internet maka dari itu jaringan internet yang digunakan harus stabil. Jika jaringan internet kurang stabil kemungkinan live location yang dikirim pun akan menentukan lokasi menjadi kurang akurat, bisa terlalu lambat atau tidak bergerak sama sekali.

Nah, jaringan internet yang stabil ini bukan hanya untuk satu pihak (pengirim lokasi) saja ya. Sang penerima lokasi juga harus memiliki jaringan internet stabil agar memantau lokasinya tetap akurat.

  • Jangan lupa nyalakan GPS di HP
Cek Juga:  Inilah Pengertian TikTok dan Cara Menggunakannya

Fitur Live Location WhatsApp tidak akan berjalan sama sekali jika GPS tidak dinyalakan, alias dalam keadaan offline. Baik sang penerima dan pengirim Live Location, keduanya harus menyalakan GPS untuk memantau keberadaan lokasinya. Hal ini dikarenakan fitur Live Location WhatsApp sangat bergantung pada GPS, Google Maps.

Kesimpulan dan Akhir Kata

WhatsApp bukanlah aplikasi chatting biasa yang monoton. Pengembang WhatsApp selalu berinovasi untuk memberikan fitur-fitur terbaru dan terbaiknya demi yang sudah disesuaikan dengan para penggunanya.

Salah satu fitur yang sangat membantu pengguna WhatsApp adalah Live Location. Seperti yang sudah dijelaskan, fitur ini bisa melacak lokasi yang cukup akurat dengan mengandalkan Google Maps sebagai pelacak lokasinya.

Karena fitur tersebut menggunakan GPS maka pengguna harus merelakan internet yang tersedot demi mengetahui keberadaan lokasi secara live atau real time. Agar penggunaan internetnya tidak terlalu boros, ikutilah beberapa tips yang sudah kami paparkan di penjelasan sebelumnya.

Untuk cara menggunakannya juga sangat mudah karena WhatsApp sendiri memiliki antarmuka yang simpel. Dengan beberapa kali klik, dan fitur tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Nah, untuk para pembaca yang pernah menggunakan fitur Live Location dan ingin memberikan saran atau tips lainnya, bisa beri tahu kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar.

Namun, untuk yang ingin tahu tips keren lainnya tentang aplikasi WhatsApp ini, silakan kunjungi artikel Cara Mematikan Centang Biru Saat Membaca Pesan WhatsApp ini. Untuk tips lainnya, bisa kunjungi di link ini. Selamat mencoba, dan semoga membantu teman-teman semua, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here