Cara Logout Akun Gmail di HP

Cara Logout Akun Gmail di HP – Di era modern yang serba digital seperti sekarang, email sudah termasuk kebutuhan yang cukup penting. Kebutuhan email sendiri mencakup untuk mengirim berbagai hal, tidak hanya sebatas pesan tapi juga dokumen penting berupa foto, video, file, dan masih banyak lagi.

Sadar akan kebutuhan email semakin meningkat maka tidak heran banyak aplikasi penyedia layanan email gratis, salah satunya Gmail yang disediakan oleh Google. Google Mail atau yang biasa disingkat Gmail ini seringkali digunakan oleh banyak orang.

Bukan hanya untuk berkirim surat elektronik, Gmail juga menjadi salah satu syarat untuk login HP Android (apapun merk HP-nya). Tapi, kalau mau ganti HP, salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum mengganti HP adalah me-logout atau keluarkan semua akses akun Gmail terlebih dahulu.

Hal itu bertujuan agar aplikasi-aplikasi yang pernah di-install melalui akun Gmail tersebut tidak bisa diakses sembarangan oleh pemilik HP baru. Hal ini juga mencegah terjadinya kebocoran informasi dari tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Bingung cara logout akun Gmail di HP? Untuk itulah artikel ini dibuat, Bolt.id akan memberikan tata cara logout akun Gmail di HP Android dengan mudah dan aman. Silakan baca artikelnya sampai akhir, ya!

Cara Logout Akun Gmail di HP

Nah, untuk yang ingin mengeluarkan akun Gmail dari HP Android, Bolt.id akan memberikan tata cara lengkapnya di bawah ini. Perlu diketahui bahwa di sini kami menggunakan HP Xiaomi. Meski begitu, cara logout akun Gmail di HP Android merk lain pun tidak jauh berbeda, hampir sama. Tanpa berlama lagi, berikut tutorialnya:

Masuk ke Menu Settings atau Pengaturan

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke menu Settings atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pengaturan.
  • Setelah itu, carilah opsi Account. Untuk yang menggunakan setting-an bahasa Indonesia, bisa klik Akun.
Cara Logout Akun Gmail

Masuk ke dalam Menu Google

  • Nah, di dalam menu account tadi, pengguna akan dihadapkan oleh beberapa pilihan menu lainnya. Di langkah ini, silakan pilih Google.
Cara Logout Akun Gmail
  • Catatan untuk pengguna HP Android versi lama, kamu perlu masuk ke menu Sinkronisasi atau Synchronized. Setelah itu, barulah menemukan opsi Google dan klik menu tersebut.

Memilih Akun Gmail yang Mau Dikeluarkan

  • Jika sudah masuk ke menu account maka secara otomatis ditampilkan beberapa akun Gmail yang login (masuk) di dalam HP tersebut. Nah, pada tahap ini silakan langsung pilih saja akun Gmail yang mau di-logout (dikeluarkan). Klik salah satu akun Gmail-nya.
3

Mengeluarkan (Logout) Akun Gmail

  • Ini adalah tahap terakhir. Pada tahap ini, pengguna bisa langsung logout akun Gmail di HP. Caranya, klik More yang ada di bagian pojok kanan atas.
4
  • Setelah itu, muncul dua opsi. Untuk mengeluarkan akun Gmail maka pilihlah menu Remove Account atau Hapus Akun.
5
  • Jika sudah selesai maka akan muncul lagi opsi menghapus akun, langsung klik Remove Account (Hapus Akun).
6

Selesai, kini akun Gmail sudah ter-logout (keluar) dari HP Android. Perlu diketahui juga bahwa saat mengeluarkan akun Gmail, artinya semua data yang disimpan dalam akun tersebut juga akan ikut ter-logout dan tidak bisa diakses, kecuali kamu melakukan login lagi.

Data-data yang tidak bisa diakses itu biasanya mencakup kontak, aplikasi, foto (yang sudah tersinkronisasi Google Drive), hingga game yang sudah di-download sebelumnya. Jika ingin mendapatkan semua itu kembali, silakan login lagi akun Gmail tersebut, ya.

Manfaat Login Akun Gmail di HP Android

Pernahkah kamu penasaran, kenapa sebagai pengguna Android lebih baik login akun Gmail di HP Android? Ternyata dengan login akun Gmail di HP ini membawa cukup banyak manfaat bagi para pengguna. Untuk mengetahui beberapa manfaatnya, berikut Bolt.id sudah merangkumnya untuk kamu:

  • Media penyimpanan kontak – Ketika login akun Gmail, otomatis semua data kontak akan tersimpan di akun Gmail. Hal ini sangat bermanfaat saat mau mengganti HP. Tidak perlu repot-repot memindahkan kontak satu persatu, cukup login akun Gmail dan semua kontak yang tersimpan akan langsung disinkronisasikan ke HP baru.
  • Langsung login di banyak akun sosmed – Hampir semua aplikasi sosial media pasti membutuhkan email, utamanya Gmail. Nah, dengan login akun Gmail di HP, pengguna tidak perlu repot mengetikan ulang username dan password saat mau login aplikasi sosmed karena dengan Gmail semuanya sudah terkoneksi secara otomatis.
  • Menyimpan data game – Selain untuk menyimpan data kontak, Gmail juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data game. Ketika aplikasi game kesayangan tidak sengaja terhapus (uninstall) maka pemain tidak perlu repot memainkannya dari awal, cukup login dengan akun Gmail dan semua data permainan sebelumnya akan langsung disinkronisasikan otomatis.
  • Menyimpan foto, video, hingga dokumen – Setiap akun Gmail pasti punya akun Google Drive. Nah, dengan kehadiran Gmail, kamu tidak perlu khawatir file foto, video, dan dokumen mudah hilang karena semua itu bisa diunggah secara otomatis ke Google Drive. Untuk mengaksesnya lagi, cukup login akun Gmail saja, simpel, kan?
  • Mengunci dan mencari HP yang hilang – Google punya aplikasi bernama Find My Device. Jika memiliki aplikasi ini di HP maka kamu bisa melacak keberadaan ponsel dengan mudah. Aplikasi ini langsung menghubungkan akun Gmail secara otomatis untuk melacak lokasi lewat GPS di HP tersebut.
  • Mengatasi lupa password – Seperti yang diketahui, hampir semua aplikasi akan meminta sign up dengan akun email (umumnya Gmail). Nah, ketika mendaftarkan diri di aplikasi tertentu menggunakan Gmail, lalu kamu lupa password maka Gmail akan membantu untuk melakukan reset password untuk akun tersebut.

Kesimpulan dan Akhir Kata

Akhirnya kita sampai pada kesimpulan. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, memang saat ini hampir semua HP Android mewajibkan untuk login akun Gmail. Namun, ketika ingin mengganti HP, disarankan untuk logout akun Gmail terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar data-data di akun Gmail tidak disalahgunakan oleh pengguna HP baru.

Selain itu, melakukan login Gmail juga banyak manfaat. Dengan login Gmail, pengguna bisa langsung masuk ke aplikasi-aplikasi yang berafiliasi dengan Google. Bahkan, akun Gmail pun bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data, baik kontak, foto, video, atau file lainnya.

Nah, jika kamu memiliki pengalaman soal logout akun Gmail di HP Android, silakan tuliskan di kolom komentar. Kami juga terbuka untuk pembaca yang ingin memberikan saran di kolom komentar.

Oh iya, selain membahas tips mengenai akun Gmail, Bolt.id juga pernah membahas tentang tips Android lainnya, salah satunya ada di artikel Cara Setting Agar Aplikasi Android Tidak Memperbarui Secara Otomatis.

Dalam artikel tersebut bukan hanya soal tutorial saja namun juga ada beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk para pengguna Android. Semoga tips dan trik dari kami ini membantu, ya. Selamat mencoba!

Listiorini Ajeng Purvashti

Leave a Comment