Home Tips Smartphone Cara Setting Agar Aplikasi Android Tidak Memperbarui Secara Otomatis

Cara Setting Agar Aplikasi Android Tidak Memperbarui Secara Otomatis

Agar Aplikasi Android Tidak Update Otomatis

Setiap pemilik smartphone Android, pasti selalu harus memperbaharui (update) semua aplikasi yang ada di dalam HP-nya. Melakukan pembaruan aplikasi ini bertujuan agar aplikasi bisa berjalan dengan lebih baik dan mendapatkan fitur-fitur terbaru dari aplikasi yang diperbaharui.

Namun, ada resikonya, setiap kali melakukan update aplikasi, ruang memori di HP akan semakin sesak. Dengan kata lain, HP akan terasa semakin lemot dan berjalan dengan lambat.

Selain itu, pengguna Android tidak bisa menghindari pembaruan aplikasi karena update biasanya dilakukan secara otomatis. Sayangnya, hal tersebut akan menyedot kuota internet yang menimbulkan keborosan. Nah, kalau tidak mau hal itu terjadi maka kamu perlu mengontrol aplikasi Android agar tidak update otomatis.

Bagaimana cara setting agar aplikasi Android tidak memperbarui secara otomatis? Sangat mudah, berikut Bolt.id akan memberikan tutorialnya di bawah ini!

Alasan Harus Update Aplikasi

Sebelum masuk ke pembahasan inti, perlu diketahui bahwa setiap aplikasi yang terpasang di Android harus diperbarui secara berkala. Ada beberapa alasan positif menyangkut hal ini, di antaranya adalah:

  1. Permasalahan atau bug pada aplikasi berkurang. Hal ini karena pihak developer aplikasi akan terus memperbaiki sistem yang kurang, sehingga pengguna bisa nyaman menggunakan aplikasi tersebut.
  2.  Alasan kedua adalah, setiap aplikasi yang diperbarui biasanya mendapatkan fitur terbaru. Fitur terbaru ini biasanya akan lebih mempermudah para pengguna dalam menjalankan aplikasi yang sudah diperbarui.
  3. Berikutnya, update aplikasi bukan hanya memperbaiki sistem atau menambahkan fitur karena mungkin juga aplikasi tersebut mau menampilkan interface terbaru.
  4.  Selain sistem kinerja, biasanya aplikasi Android yang diperbarui juga memperkuat sistem keamanan yang ada di aplikasi tersebut. Dengan demikian pengguna diharapkan terbebas dari masalah virus yang mengganggu.
Cek Juga:  Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Dengan alasan-alasan tadi maka kami sarankan untuk tidak menghindari update aplikasi. Pasalnya, ada banyak manfaat yang didapatkan dari update aplikasi.

Cara Agar Aplikasi Android Tidak Memperbarui Secara Otomatis

Update otomatis memang memudahkan pengguna Android dalam melakukan pembaruan aplikasi. Tapi hal itu berlaku ketika sedang terkoneksi jaringan Wi-Fi karena tidak menimbulkan keborosan kuota internet.

Jika keberatan akan hal itu maka memang sebaiknya mematikan setting update otomatisnya. Caranya mudah, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Masuk ke Aplikasi PlayStore

  • Sebelum mengatur update otomatis, pastikan dulu bahwa HP sudah terkoneksi internet. Bisa gunakan jaringan Wi-Fi atau pun kuota biasa.
  • Langkah berikutnya, kamu bisa masuk ke aplikasi Google PlayStore 

Masuk ke Dalam Menu Setelan / Settings 

  • Kemudian cari simbol garis tiga menjajar di bagian pojok kiri atas, klik simbol tersebut

1

  • Pada tahap ini, ada banyak pilihan menu dan kamu hanya perlu klik Setelan yang ada di bagian bawah dengan simbol gerigi

2

Saatnya Matikan Update Aplikasi Secara Otomatis

  • Lalu, sekarang bisa pilih opsi Update aplikasi secara otomatis

3

  • Setelah itu, kamu akan melihat tiga opsi. Nah, untuk mematikan update otomatis maka bisa pilih menu Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis.

4

Selesai, kini HP Android tidak akan lagi melakukan pembaruan terhadap aplikasi secara otomatis. Bagaimana, caranya sangat mudah, kan?

Oh iya, bisa dilihat pada gambar di atas, ada tiga pilihan update aplikasi secara otomatis. Nah, ketiga pilihan tersebut memiliki makna dan kontrol yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jelasnya, bisa simak berikut ini:

  1.  Melalui Jaringan Apapun – pilihan ini artinya akan melakukan update aplikasi Android secara otomatis tanpa melewati persetujuan pengguna Android. Dan biasanya, di pilihan ini tidak akan melihat jaringan yang sedang digunakan, sehingga jika HP Android sedang dalam mode ‘kuota internet’ bukan Wi-Fi maka update aplikasi akan menyedot kuota internet.
  2.  Melalui Wi-Fi saja – Nah kalau untuk pilihan yang satu ini, aplikasi akan melakukan pembaruan ketika HP Android terkoneksi jaringan Wi-Fi saja. Jadi, ketika HP Android sedang berada dalam jaringan kuota internet biasa maka mereka tidak melakukan update apapun.
  3.  Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis – pilihan yang terakhir ini jelas tidak akan melakukan update aplikasi apapun jika bukan pemilik HP Android yang menghendaki update aplikasi. Jadi, ini adalah opsi teraman agar tidak menyedot internet sembarangan. Namun pastikan bahwa selalu cek update aplikasi Android di aplikasi PlayStore, ya!
Cek Juga:  Inilah Cara Logout Akun Gmail di HP dengan Mudah

Tips Update Aplikasi Android

Agar Aplikasi Android Tidak Update Otomatis

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa melakukan update aplikasi memang membutuhkan koneksi internet. Terkadang, update aplikasi cukup membuat boros kuota internet. Tapi jangan khawatir, di sini Bolt.id akan memberikan tips update aplikasi Android yang aman dan membuatmu nyaman!

  1.  Gunakan jaringan internet Wi-Fi. Dengan menggunakan Wi-Fi maka kamu tidak perlu khawatir kuota internet akan tersedot habis.
  2.  Perhatikan storage HP. Perlu diketahui bahwa melakukan update bukan hanya membutuhkan internet saja tapi juga kapasitas memori yang longgar agar aplikasi bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, jika kapasitas memori penuh sebaiknya coba hapus atau uninstall aplikasi, foto, atau video yang sudah tidak berguna lagi.
  3.  Jangan lupa untuk cek OS Android di HP. Hal ini penting mengingat setiap kali pembaruan aplikasi biasanya ada syarat minimal OS Android. Nah, jika HP Android tidak memenuhi syarat tersebut maka kemungkinan aplikasi tidak akan bisa berjalan dengan baik di HP Android.

Menyambung pembahasan poin ketiga tadi, cara mengecek versi Android di HP itu sangat mudah. Untuk yang belum tahu, berikut kami akan memberikan tutorialnya untuk Anda:

  • Pertama, masuk ke dalam menu Setelan / Settings di HP masing-masing.
  • Kemudian, pilih menu System / Sistem. Biasanya terletak di bagian paling bawah.
  • Setelah itu, silakan langsung klik opsi About Phone / Tentang HP
  •  Selesai, di sana kamu bisa menemukan informasi mengenai HP Android. Informasi-informasi tersebut meliputi Device Name, Status, Emergency Information, Legal Information, Privacy Settings, Android Version, Android security patch level, hingga informasi seputar hardware dan software.

Kesimpulan dan Akhir Kata

Melakukan pembaruan terhadap aplikasi-aplikasi yang ada di HP Android itu cukup penting mengingat beberapa alasan yang menguntungkan pengguna Android itu sendiri. Namun melakukan pembaruan aplikasi juga kadang membuat jengkel ketika dilakukan secara otomatis.

Cek Juga:  Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Termudah

Update aplikasi yang otomatis ini biasanya akan langsung menyedot internet yang saat itu sedang terhubung dengan HP Android. Sayangnya lagi, biasanya update aplikasi juga membutuhkan internet yang cukup dan stabil. Nah, jika keberatan dengan hal itu memang lebih baik mematikan update aplikasi otomatis di Android.

Dengan begitu, pengguna Android tidak perlu khawatir lagi soal kuota internet yang boros dan pengguna juga bisa mengontrol aplikasi mana saja yang ingin diperbarui. Itu saja tips dan cara setting agar aplikasi Android tidak memperbarui secara otomatis. Jika punya saran lainnya, boleh diskusi di kolom komentar, ya.

Oh iya, untuk pembaca yang ingin tahu cara scan QR Code tanpa menggunakan aplikasi, sebaiknya kunjungi artikel kami lainnya di link ini. Semoga membantu, teman-teman semua, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here