Home Teknologi Apa Itu Situs? Pengertian, Sejarah, Fungsi, Cara Membuat

Apa Itu Situs? Pengertian, Sejarah, Fungsi, Cara Membuat

Apa Itu Situs

Situs (Website) merupakan istilah yang sering didengar seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Mulai dari Google, Twitter, Facebook, Youtube hingga Bolt.id, jika Anda membuka layanan layanan tersebut maka yang dibuka adalah website.

Mungkin Anda sudah sering berinteraksi dengan situs setiap hari, namun apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari situs (website)? Apakah Anda mengetahui bagaimana cara membuat situs agar bisa menampilkan sesuatu di Internet?

Tak perlu khawatir, dalam artikel ini Anda akan mengetahui lebih banyak informasi mengenai situs.

Pengertian Situs

Situas adalah kumpulan halaman pada sebuah domain di Internet yang dibuat untuk tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses melalui halaman depan dengan menggunakan browser dan dapat diakses menggunakan URL Website.

Situs menampilkan berbagai informasi mulai dari teks, gambar, animasi, video, suara maupun gabungan semuanya baik yang bersifat statis maupun dinamis.

Bersifat statis memiliki arti bahwa semua informasi yang ditampilkan pada website cenderung sama dan jarang berubah. Contoh dari situs statis ialah website perusahaan, katalog dan sebagainya.

Sebaliknya, situs dinamis adalah situs yang menyediakan informasi terbaru dan sering di update. Contoh website dinamis diantaranya ialah portal berita, Facebook, Twitter hingga Blogspot.

Sejarah Situs

Sir Timothy John dan Tim Berners Lee adalah orang orang penting dalam terciptanya situs. Pada tahun 1991 mereka membuat website yang ketika itu memiliki tujuan untuk mempermudah penukaran indormasi diantara para peneliti.

Pada tanggal 30 April 1993, Situs web dipublikasikan ke publik oleh CERN. Hal ini juga menandai bahwa situs bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.

Mulai saat itu, website bisa dimiliki oleh siapapun mulai dari individu, organisasi hingga bisnis.

Terdapat tiga unsur website yang sangat penting. Jika tidak ada satu dari tiga unsur ini, maka website tidak bisa ditemukan dan diakses oleh pengguna internet.

Ketiga unsur penting tersebut ialah

  • Domain, domain merupakan “merk” website dan menjadi pembeda satu website dengan website lainnya. Tidak ada domain website yang sama persis di dunia ini.
  • Hosting, berfungsi untuk menyimpan semua data beruba gambar, video, teks dan lainnya
  • Konten, informasi yang website ingin sampaikan kepada para pengunjung. Konten bisa berupa gambar, video, tulisan atau perpaduan semuanya.

Fungsi Situs

Apa Itu Situs

Berdasarkan sejarahnya, situs digunakan pertama kali untuk berbagi informasi kepada sesama anggota saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu maka situs telah mengalami banyak perubahan termasuk dalam fungsinya.

Cek Juga:  Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Supaya WhatsApp Lebih Aman

Berikut ini ialah berbagai fungsi situs yang perlu Anda ketahui

Membangun Personal Branding

Kini, banyak orang yang memanfaatkan internet mencari informasi. Hal ini dimanfaatkan oleh individu maupun organisasi untuk meningkatkan personal branding.

Misalkan, Anda memiliki sebuah organisasi maka orang orang akan mencari tahu tentang organisasi Anda. Oleh karenanya penting untuk membuat situs perusahaan untuk memberikan informasi, meningkatkan personal branding hingga meningkatkan kredibilitas.

Memberikan Informasi Secara Real Time

Manfaat website yang cukup penting ialah memberikan informasi secara real time dan cepat. Sehingga jika ada sesuatu yang penting maka bisa dibagikan kepada pengguna internet lainnya.

Pembagian informasi secara real time ini sering dilakukan oleh pemilik website dinamis seperti portal berita.

Sarana Promosi

Website merupakan sarana promosi murah dan efektif pada era teknologi saat ini. Kegiatan promosi ini bisa dilakukan oleh perusahaan besar hingga perusahaan kecil sekalipun.

Mereka melakukan digital marketing dengan berbagai cara diantaranya ialah content marketing. Para pemilik website akan menyediakan konten menarik sesuai dengan produk yang mereka tawarkan.

Transaksi Online

Keuntungan situs bagi para pelaku bisnis ialah dapat menjadi tempat bertransaksi. Hal ini semakin memudahkan para pelaku bisnis untuk melakukan transaksi dengan pasar yang lebih luas.

Dengan adanya situs online, maka pebisnis bisa memasarkan produk dengan lebih luas bahkan ke konsumen yang beda kota hingga beda negara.

Konsumen juga mendapatkan kemudahan dengan bertransaksi secara online karena lebih aman dan mudah.

Sarana Hiburan

Situs website juga dimanfaatkan oleh para pengguna untuk mendapatkan hiburan dan menghilangkan rasa suntuk. Anda bisa membuka berbagai situs hiburan untuk mengisi waktu luang.

Diantaranya ialah menonton film,video hingga mendengarkan musik secara online.

Cara Membuat Situs

Apakah Anda tertarik untuk membuat situs sendiri? Bagaimana caranya? Berikut ini ialah langkah mudah untuk membuat situs

  • Tentukan tujuan pembuatan website. Apakah Anda akan membuat situs belanja online, informasi atau profil perusahaan.
  • Tentukan platform website. Anda bisa menggunakan CMS WordPress yang mudah dikelola bahkan oleh pemula sekalipun.
  • Regisrer Hosting dan nama domain. Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan menampilkan ciri khas bisnis
  • Instalasi dan pengaturan website. Kamu sudah bisa mulai mengatur tampilan website sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana, apakah Ana sudah mulai memahami situs dan sejarahnya? Buatlah situs website untuk memberikan banyak manfaat untukorang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here