Home Apps Inilah Pengertian TikTok dan Cara Menggunakannya

Inilah Pengertian TikTok dan Cara Menggunakannya

TikTok 1

Semakin majunya teknologi, masyarakat makin diramaikan dengan berbagai konten-konten menarik dari berbagai jejaring sosial. Salah satu media sosial yang sedang naik daun di Indonesia adalah TikTok, aplikasi satu ini memang berhasil menyihir banyak orang.

Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua pasti mengenal aplikasi bernama TikTok. Kepopuleran TikTok ini tidak hanya melanda masyarakat biasa saja lho, tapi para selebriti pun ikut membuat aplikasi TikTok makin dikenal.

Jika dulu Indonesia sempat kebanjiran selebgram, sekarang berganti dengan maraknya seleb TikTok yang digandrungi orang-orang. Pasalnya memang video-video yang diunggah terbilang menarik, unik dan adiktif bagi banyak orang.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai aplikasi TikTok yang sering kamu mainkan setiap hari. Kira-kira sejauh mana nih kalian mengenal aplikasi TikTok ini? pembahasannya lengkapnya di artikel Bolt.id di bawah ini.

Apa itu TikTok?

TikTok 1

Aplikasi TikTok memang dikenal sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membagikan berbagai video pendek. Dengan memakai TikTok para penggunanya dapat menuangkan kreativitasnya dalam sebuah video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik.

Para pengguna TikTok bebas memakai filter lalu mengedit dengan mempercepat atau memperlambat video. Agar video TikToknya makin keren, para penggunanya bisa menambahkan musik latar berbagai genre. Video TikTok juga bisa di tambahkan dengan suara pribadi dari pengguna aplikasi tersebut.

Para pengguna TikTok bisa berkreasi dengan mengunggah video hasil buatannya atau duplikasi dari video lain. Biasanya video duplikasi ini bisa berupa duet dengan video lainnya. Selain itu di TikTok ini para penggunanya dapat menambahkan dirinya dalam video tersebut.

Setelah selesai berkreasi, video TikTok yang sudah di rekam bisa langsung di unggahnya ke akun jejaring media sosial TikTok pribadinya. Biasanya video TikTok yang di unggah akan dapat dilihat dan di respon oleh pengguna TikTok lainnya.

Setiap video yang di unggah akan menampilkan berapa banyak orang yang sudah melihat dan like video tersebut. Video yang menjadi trend, akan muncul sebagai rekomendasi agar dapat ditonton oleh lebih banyak orang lagi.

Sejarah TikTok

Sejarah TikTok
*Sumber: TechINAsia

Kepopuleran aplikasi TikTok ini memang sangat luar biasa, pasalnya hampir setiap golongan pernah memainkan atau menginstal aplikasi ini. Tapi kalian tahu tidak, apa sih Tiktok itu? Lalu dari mana sih aplikasi TikTok ini? siapa sih yang membuat aplikasi TikTok ini? Ternyata aplikasi TikTok ini berasal dari negeri ginseng Cina lho.

TikTok adalah layanan jejaring media sosial yang membagikan video durasi pendek sekitar 15 detik hingga 60 detik. Biasanya video dalam TikTok ini bisa terdiri dari berbagai genre seperti tarian, komedi, pendidikan, hingga kemanusiaan.

Cek Juga:  Cara Menggunakan & Kegunaan Fitur Request Account Info di WhatsApp

Sebelum dikenal dengan nama TikTok, aplikasi yang dibuat di Cina ini diberi nama Douyin yang dibuat oleh perusahaan ByteDance di tahun 2016. Perubahan nama Douyin ke TikTok ini terjadi ketika ByteDance ingin memngembangkan aplikasinya untuk skala internasional.

Hingga di tahun 2017, TikTok diluncurkan untuk pengguna iOS dan Android. Lalu diikuti dengan di gabungkan TikTok dan media sosial Musicaly.ly dari Tiongkok tahun 2018. Tapi jangan salah sangka dulu, baik TikTok dan Douyin ternyata tidaklah benar-benar sama.

Pasalnya kedua aplikasi ini memiliki server masing-masing, jadi fitur dari kedua aplikasi ini tidak identik. Meski begitu kepopuleran TikTok di dunia memang tidak bisa dibendung lagi dikutip dari Wikipedia, setidaknya pada tahun 2020 lebih dari dua miliar yang mengunduh aplikasi TikTok ini.

Bahkan Morning Consult menempatkan TikTok sebagai merek yang pertumbuhannya tercepat tahun 2020 dibawah Zoom dan Peacock.

Fitur Aplikasi TikTok

Fitur TikTok

Sama seperti jejaring media sosial lainnya, TikTok juga memiliki beberapa fitur yang bisa kamu nikmati. Berikut penjelasannya.

1. Home – For You

Jika kamu baru mengenal TikTok, kamu akan menemukan halaman yang “For You” yang menjadi halaman utama atau Home saat kamu membuka aplikasi ini. Di halaman ini kamu akan bisa melihat berbagai video-video TikTok yang diunggah oleh pengguna lainnya.

Di area kanan layar, kamu akan melihat tombol profil pembuat video yang sedang di lihat. Dibawah tombol profile ada tombol love atau like, dimana di tombol like itu juga terdapat keterangan berapa banyak like yang di dapat untuk video tersebut.

Lalu ada tombol comment dengan keterangan jumlah komentar yang ditinggalkan oleh pengguna TikTok lainnya. Terakhir ada tombol share, kamu bisa memilih untuk membagikan video yang menurutmu menarik pada teman atau keluarga di jejaring media sosial lain.

Hal keren lainnya, jika video tersebut memakai musik latar selalu ada keterangan judul lagunya di bawah keterangan videonya.  Kamu bisa mengklik judul lagu tersebut dan melihat video-video lainnya yang memakai musik latar yang sama.

Hastag yang digunakan pun memiliki kegunaan yang sama, dimana saat kamu klik hastagnya akan muncul video lainnya yang relate dengan hastag tersebut.

2. Discover – Pencarian

Dalam halaman discover ini, kamu bisa mencari nama pengguna TikTok yang ingin kamu ikuti atau lihat profilnya. Selain mencari dengan menggunakan nama pengguna TikTok, kamu juga bisa mencari video lainnya dengan menggunakan hastag.

Cara lainnya, bisa juga mencari video dengan memakai judul lagu yang ingin di lihat. Saat membuka halaman discover, kamu akan melihat beberapa iklan yang bekerjasama dengan TikTok. Lalu dibawahnya terdapat hastag-hastag yang sedang populer dikalangan para pengguna TikTok.

Cek Juga:  Cara Upload File PDF ke Google Drive dan Bisa Dibaca Semua Orang

Bisa di sebut video-video yang muncul dalam halaman ini adalah video yang banyak disukai dan paling digemari oleh orang-orang sesuai dengan kategorinya.

3. Pop Up Menu

Selain bisa melihat berbagai macam video-video TikTok, ada fitur lain yang dapat dinikmati pengguna TikTok. Salah satu fitur tersebut seperti bisa save video yang di sukai ke ponsel. Caranya juga cukup dengan menekan layar ponsel beberapa detik hingga muncul pop up menu.

Dalam menu tersebut kamu bisa mendownload video tersebut ke ponsel, biasanya video tutorial atau DIY yang banyak di download. Selain menu download, kamu bisa menambahkan video TikTok yang disukai ke menu favorit.

Jika ingin menonton video tersebut berkali-kali tanpa harus ribet mencarinya dengan hastag atau judul lagu. Cukup klik menu favorite di pop up menu tadi, maka video yang disukai akan langsung tersimpan dalam menu favorite di profile mu.

Tapi jika merasa terganggu dengan video yang muncul di halaman “For You”, bisa memilih untuk report atau mengklik not interested. Jadi video yang menggangu tadi tidak akan tampil lagi di halaman utama TikTok mu.

Cara Download Aplikasi TikTok

Cara Download TikTok

Jika tertarik untuk mencoba aplikasi TikTok ini, kamu bisa langsung mendownloadnya di ponsel mu. Jika kamu pengguna Android, kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

1. Pertama cukup membuka aplikasi Play Store yang ada di ponsel mu

2. Tulislah TikTok pada search bar yang ada di bagian paling atas

3. Tunggu hingga muncul aplikasi TikTok di halaman search

4. Lalu pilih aplikasi TikTok resmi sesuai kebutuhan, ada TikTok atau TikTok Lite.

5. Setelah di klik aplikasi yang dibutuhkan, tinggal klik menu “Install”

6. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai dan pastikan koneksi internet mu stabil

7. Setelah selesai bisa klik “Open” dan menikmati fitur-fitur di dalamnya.

Ponsel yang saya gunakan untuk mengunduh aplikasi TikTok ini adalah ponsel merk Xiaomi.

Cara Memakai Aplikasi TikTok

Cara Memakai TikTok

Setelah selesai mendownload aplikasinya, pasti kalian ingin langsung mencoba membuat video di TikTok dong. Lalu bagaimana sih cara untuk membuat video di TikTok yang sedang trend, biar tidak kalah dari orang lain? Caranya ada di bawah ini.

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi TikTok di ponsel mu
  • Klik menu create yang posisinya berada di tengah-tengah dengan simbol “+”.
  • Setelah di klik, kamu bisa memilih durasi video yang ingin ditampilkan, mulai dari 15 hingga 60 detik.
  • Setelah itu kamu juga bisa klik menu template, untuk mencari jenis video yang ingin dibuat atau klik menu favorite jika ingin memakai filter video yang sedang trend.
  • Jika ingin membuat video semakin keren, bisa menambahkan efek sesuai dengan keinginan.
  • Di menu paling atas kamu bisa insert sound atau musik, kamu bisa memilih lagu yang sedang trend belakangan ini.
  • TikTok juga memiliki menu filter dan beauty di bagian kanan, yang bisa di atur sendiri.
  • Lalu ada speed untuk mengatur kecepatan video dan timer untuk memulai merekam.
  • Setelah selesai merekam, bisa langsung mengupload dengan klik next lalu post.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba dan mengikuti trend TikTok yang sedang booming di negara kita ini? Siapa tahu dengan memakai TikTok, kamu bisa menuangkan ide-ide kreatif yang bisa menginspirasi banyak orang.

Cek Juga:  4 Aplikasi Pinjam Uang Online Terbaik yang Bisa untuk Investasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here