Home Tips Smartphone Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM HP Android

Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM HP Android

Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM HP Android

Pernah mengalami hal menjengkelkan, seperti ketika sedang asyik main HP tiba-tiba nge-freezing atau lemot? Atau, pernah bingung kenapa HP Android mu tiba-tiba nge-hang? Mungkin saja semua hal yang kamu alami itu disebabkan oleh kapasitas RAM HP yang mulai penuh.

Kapasitas RAM biasanya akan cepat penuh ketika ada banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan, dalam hal ini sering disebut dengan istilah multitasking. Setiap aplikasi yang berjalan membutuhkan tenaga dan ruang penyimpanan data di RAM.

Dengan begitu, RAM perlu bekerja lebih keras untuk membaca proses setiap aplikasi yang sedang berjalan di HP. Bahkan, jika sudah mencapai batas kapasitas maksimum RAM maka kemungkinan yang terjadi adalah HP lemot, freezing, atau bahkan nge-lag. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya kamu bisa menghentikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan secara manual. Dengan cara itu, kinerja RAM menjadi lebih longgar dan efektif sehingga akan meminimalisir kinerja HP yang lemot apalagi nge-hang. 

Nah, bagi yang ingin tahu cara mengetahui aplikasi yang banyak memakai RAM HP Android bisa ikuti beberapa tips dari Bolt.id berikut ini, ya!

Sekilas Informasi Tentang RAM

RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory ini biasa digunakan untuk alat elektronik, termasuk perangkat Android. RAM sendiri dikatakan sebagai tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.

Jadi, kalau aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan itu dimatikan atau dinonaktifkan maka data tersebut akan terhapus secara otomatis. Maka dari itu, tidak heran jika kapasitas RAM memang sangat mempengaruhi kinerja dari perangkat Android, karena RAM juga berperan untuk memproses data serta perintah yang ada di dalam perangkat HP.

Karena fungsinya yang cukup vital dan krusial ini, beberapa orang memang lebih mementingkan kapasitas RAM sebelum membeli perangkat Android. Hal itu disebabkan agar kinerja dari perangkat Android bisa lebih lancar karena RAM berkapasitas besar bisa menyimpan data lebih banyak.

Selain itu, fungsi RAM juga bisa diandalkan saat bermain game di HP Android. Kalau kapasitas RAM-nya besar maka game dengan animasi atau desain 3D pun bisa berjalan dengan lancar, pun sebaliknya.

Jadi, kalau kamu lebih banyak beraktivitas dengan mengandalkan ponsel Android dan sering bermain game maka pilihlah ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang besar. Tapi kalau kebutuhanmu hanya untuk sekedar chatting dan komunikasi saja, RAM berkapasitas wajar juga sudah cukup memenuhi segala kebutuhanmu.

Cek Juga:  Inilah Cara Cek Data Akun Tokopedia Bocor Termudah

Yang terpenting adalah, para pengguna smartphone Android bisa memilih aplikasi-aplikasi yang sekiranya dibutuhkan untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari. Dengan memilih aplikasi maka kapasitas RAM tidak akan terbuang dengan percuma.

Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM di HP Android

Nah, tadi sudah dijelaskan sedikit tentang RAM dan fungsinya. Sebenarnya salah satu cara untuk membuat kinerja RAM lebih efektif adalah dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

Di sini, pengguna harus memilih dan menghentikan aplikasi yang paling banyak mengonsumsi kapasitas RAM. Dengan menghentikan aplikasi tersebut maka kerja RAM akan lebih longgar dan lancar.

Untuk mengetahui aplikasi yang banyak memakai RAM di Android sebenarnya tidak sulit, karena kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, silakan masuk dalam menu Pengaturan atau Settings di HP Android masing-masing. Kemudian klik pada menu Aplikasi atau Applications.
  • Setelah itu, pengguna akan melihat tampilan beberapa menu lainnya. Nah, untuk mengetahui aplikasi pemakan RAM terbanyak, silakan klik menu Manajer Aplikasi.

1

  • Dalam tahap ini, sekarang kamu bisa pilih dan klik menu BERJALAN yang ada di bagian tengah. Di menu tersebut penggunanya bisa melihat aplikasi mana saja yang paling banyak memakan RAM.

2

  • Langkah terakhir, pilih atau klik salah satu aplikasinya. Kemudian, langsung klik pada opsi STOP. Secara otomatis aplikasinya akan terhenti dan kapasitas RAM di HP menjadi lebih longgar. Gampang, kan?

3

Tips untuk Meningkatkan Kinerja RAM pada HP Android

Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM HP Android

Selain menghentikan aplikasi yang berjalan secara manual, ada cara lainnya agar kinerja RAM di HP Android lebih efektif dan tidak terhambat. Untuk mengetahui tipsnya, berikut akan kami paparkan selengkapnya di bawah ini:

  • Membatasi Widget dan Wallpaper bergerak – Mungkin ada yang suka menggunakan widget dan wallpaper bergerak di HP-nya. Memang terlihat bagus dan memberi keunikan tersendiri di HP, tapi sayangnya hal itu justru menambah beban kerja RAM HP Android. Jadi, usahakan untuk membatasi penggunaan kedua hal tersebut, ya.
  • Mematikan aplikasi bawaan dari HP Android – Hampir setiap HP Android dari berbagai merk pasti memiliki aplikasi bawaan, entah itu aplikasi baca berita, aplikasi e-commerce, hingga game. Nah, kalau sekiranya kamu tidak memerlukan aplikasi-aplikasi bawaan itu, sebaiknya matikan saja. Caranya gampang, masuk ke settings > klik applications > klik aplikasi yang ingin dinonaktifkan > dan selesai!
  • Hindari mengunduh terlalu banyak aplikasi – Memilih aplikasi yang akan digunakan juga sangat penting demi menjaga kinerja RAM HP Android agar tetap optimal. Maka dari itu, pentingnya menahan diri untuk tidak mengunduh aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan, terutama game.
  • Manfaatkan aplikasi RAM Booster – Ini adalah pilihan terakhir untuk mengoptimalkan kinerja RAM yang lelet. Nah, aplikasi RAM Booster biasanya akan mematikan setiap aplikasi (sedang tidak digunakan) yang berjalan di belakang layar secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan cara manual seperti di atas. Tapi perlu diketahui juga bahwa memasang aplikasi seperti ini akan memakan kapasitas RAM di HP Android. Jadi, bijaklah untuk menginstall aplikasi, ya!
Cek Juga:  Cara Setting Agar Aplikasi Android Tidak Memperbarui Secara Otomatis

Kesimpulan dan Akhir Kata

Bisa dibilang bahwa RAM adalah salah satu hal yang vital dan krusial dalam sebuah HP, termasuk smartphone yang memiliki sistem operasi Android. RAM inilah yang akan membantu proses dan perintah jalannya aplikasi di HP Android.

Selain itu, RAM juga berfungsi untuk menyimpan data pada aplikasi atau game yang sedang berjalan di HP. Tapi, sifat menyimpan datanya hanya sementara, hanya saat dijalankan saja. Setelah aplikasinya dinonaktifkan atau dimatikan maka data yang disimpan di RAM akan terhapus.

Maka dari itu, penting bagi para pengguna smartphone – khususnya Android – melakukan pengecekan aplikasi yang sedang berjalan di ponselnya. Jika ada aplikasi yang memakan terlalu banyak kapasitas di RAM, segera matikan dengan cara di atas.

Jika ada aplikasi yang jarang digunakan, silakan uninstall agar kapasitas RAM tidak mubadzir. Tapi semua kembali pada pilihan dan kebutuhan masing-masing, ya. Nah, kalau kamu lebih memilih rajin menonaktifkan aplikasi atau membuang aplikasi yang jarang dipakai?

Atau, punya tips dan pengalaman seru lainnya mengenai kapasitas RAM yang melampaui batas? Jika punya, yuk bagikan cerita dan pengalaman kalian pada kami serta pembaca lain melalui kolom komentar!

Oh iya, kalau kamu membutuhkan tips dan trik lainnya seputar gadget khususnya Android, boleh mengunjungi beberapa artikel tips dan trik dari Bolt.id. Silakan klik link ini untuk mengunjungi artikel-artikelnya, selamat mencoba dan semoga membantu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here