Home Apps 6 Fitur Whatsapp yang Paling Dibutuhkan Saat Ini!

6 Fitur Whatsapp yang Paling Dibutuhkan Saat Ini!

Fitur Whatsapp

Sudah bukan hal aneh lagi jika saat ini banyak orang yang memilih WhatsApp sebagai salah satu aplikasi komunikasi yang efektif dan efisien. Dalam satu aplikasi ini, penggunanya bisa melakukan banyak hal. Bukan hanya berkirim pesan saja, karena ada juga fitur lainnya yang sangat bermanfaat dan tak lekang dimakan zaman.

Setidaknya, ada 6 fitur WhatsApp yang menurut Bolt.id pantas dan patut untuk dicoba. Pasalnya, keenam fitur ini dinilai sangat bermanfaat dan pasti akan selalu dibutuhkan untuk menunjang komunikasi sehari-hari.

Fiturnya beragam, mulai dari memblokir invite group, bubble chat, mencari pesan WA dengan cepat dan mudah, mengirim gambar dan video dengan kualitas yang tetap HQ, menonaktifkan auto download untuk gambar dan video, hingga mengubah tema WhatsApp menjadi dark mode. Ingin tahu cara serta fungsi dari semua fitur tadi? Simak baik-baik ulasan di bawah ini!

1. Memblokir Invite Grup WhatsApp

Pernah merasa jengkel, tiba-tiba dimasukkan ke dalam grup WhatsApp tanpa izin? Nah, jika kamu tidak ingin mengalami hal tersebut maka salah satu caranya adalah dengan memblokir invite group WhatsApp. Caranya sangat mudah! Yuk simak baik-baik beberapa langkah ini:

  • Langkah pertama, kamu bisa mengklik pada simbol titik tiga menjajar yang terletak di pojok kanan atas. Kemudian, pilihlah menu Setelan atau Settings.
  • Setelah itu, masuklah ke dalam menu Akun untuk berikutnya klik pada pilihan Privasi atau Privasi.

Block invite grup whatsapp 1

  • Dalam tahap ini, silakan klik pada menu Grup.
  • Lalu, beri centang atau pilihlah opsi ‘Kontak Saya Kecuali….’
  • Jika sudah selesai, pada langkah terakhir bisa pilih (ceklis) semua kontak. Lalu, jangan lupa untuk mengklik simol ceklis di bagian bawah yang berwarna hijau.

Block invite grup whatsapp 2

Selesai, cara ini mudah dilakukan dan bisa diterapkan baik di HP Android maupun di iPhone. Nah, jika kamu bermasalah tidak bisa memasukkan teman ke dalam sebuah grup WhatsApp, kemungkinan teman tersebut sudah melakukan cara di atas.

2. Membuat Bubble Chat (Add Shortcut)

Untuk memudahkan para pengguna WhatsApp dalam berkirim pesan, pihak WhatsApp pun memberikan sebuah fitur yang dinamakan dengan Shortcut, yang artinya ‘pintasan’ atau bubble chat. 

Fungsi fitur ini adalah memudahkan ketika kamu ingin mengirim pesan ke grup atau orang tertentu tanpa harus repot masuk ke aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Kehadiran bubble chat ini akan langsung membawa kamu masuk ke dalam jendela obrolan dengan grup atau orang tertentu.

Cek Juga:  Cara Upload File PDF ke Google Drive dan Bisa Dibaca Semua Orang

Jika kamu ingin mengaktifkan fitur ini, Bolt.id akan memberikan tutorial termudah yang bisa disimak di bawah ini:

Buble chat

  • Pertama, silakan tentukan dulu grup atau akun mana yang mau dibuat shortcut. Lalu, masuk ke dalam obrolan bersama mereka.
  • Kemudian, klik pada simbol titik tiga menjajar ke bawah yang ada di bagian pojok kanan atas. Setelah itu klik pada menu Lainnya atau More.
  • Tahap terakhir, kamu hanya perlu klik pada bagian Tambah Pintasan atau Add Shortcut.

Selesai, sekarang bubble chat atau shortcut chat yang tadi kamu pilih sudah muncul langsung di bagian homescreen HP. Sangat mudah, kan?

3. Mencari Pesan WhatsApp Lama dengan Cepat

Saking banyaknya pesan WhatsApp, maka pesan-pesan sebelumnya menjadi menumpuk. Padahal di dalam pesan lama masih ada informasi penting yang akan dibaca lagi di kemudian hari. Lupa menandakan pesan tersebut, akhirnya harus mencari pesan itu satu persatu. Ada yang melakukan cara ribet ini?

Sebenarnya kamu tidak perlu mencari satu persatu pesannya, megulirkan pesan sampai ke atas membuat mata dan jari jadi pegal juga lelah. Di WhatsApp ada yang namanya fitur ‘Cari’ atau ‘Search.‘ Fungsinya untuk mencari pesan WhatsApp lama yang sudah tertumpuk dengan pesan-pesan baru.

Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung menemukan pesan penting tersebut dalam satu kali klik saja. Jika ingin tahu caranya, coba ikuti langkah-langkah berikut ini, ya!

Cari chat whatsapp lama

  • Pertama, kamu bisa masuk ke grup atau chat personal pesan yang ingin kamu cari. Kemudian, klik pada simbol titik tiga menjajar ke bawah yang ada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, klik pada pilihan Cari atau Search.
  • Terakhir, ketikan kata kunci atau kata apapun yang ingin kamu cari pada kolom pencarian.

Hanya tiga langkah saja kamu bisa langsung mendapatkan pesan lama yang sudah tertumpuk. Setiap kata yang dicari akan ditandai warna kuning seperti yang ada di gambar, ya. Pengguna juga bisa klik tanda panah atas/bawah untuk membantu pencarian lebih mudah tanpa harus scrolling.

4. Mengirim File Foto dan Video dengan Kualitas Aslinya

Seperti yang kita ketahui bahwa mengirim foto dan video melalui WhatsApp akan otomatis dikompres. Artinya, setiap foto dan video yang dikirimkan tidak menggunakan kualitas asli dari foto/video. Tentu saja bagi beberapa orang hal ini merugikan, apalagi untuk yang membutuhkan resolusi foto/video HQ.

WhatsApp memahami keresahan tersebut makanya dibuatlah sebuah fitur untuk mengirim dokumen. Fitur ini bisa mengirim berbagai dokumen, bukan dokumen berupa teks saja, tapi juga berupa foto atau pun video. Bagaimana caranya? Bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kirim gambar dan video dengan kualitas tetap di whatsapp

  • Pada langkah awal, silakan masuk ke jendela obrolan WhatsApp teman atau grup. Lalu, klik simbol seperti peniti dan kemudian pilihlah opsi Dokumen atau Document.
  • Kemudian, pilihlah foto atau video yang ingin dikirim dengan cara klik file tersebut.
  • Terakhir, kamu tinggal klik tanda Kirim atau Send.
Cek Juga:  Lakukan 3 Cara Ini Jika Lupa Kata Sandi Facebook

5. Mematikan Fitur Auto Download Foto dan Video

WhatsApp berbaik hati melakukan pengunduhan secara otomatis saat orang mengirimkan video maupun foto. Namun, bagi beberapa orang hal itu cukup mengganggu. Selain memenuhi memori pada HP, auto download juga menguras kuota internet sehingga menimbulkan keborosan.

Maka dari itu, WhatsApp juga memberikan opsi bagi pengguna yang tidak ingin diganggu dengan fitur auto download. Caranya adalah dengan mematikan fitur tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Menonaktifkan fitur auto download di whatsapp

  • Seperti biasa, masuk ke dalam menu Setelan atau Settings terlebih dahulu.
  • Kemudian, pengguna bisa langsung memilih opsi Penyimpanan dan data atau dalam bahasa Inggris Storage and data.
  • Langkah berikutnya, silakan perhatikan pada bagian Unduh otomatis media. Nah, di sini jangan mencentang semua opsinya sehingga ada keterangan ‘Tidak ada media.’

Selesai, kini semua foto, video, bahkan audio pun tidak akan terunduh secara otomatis. Hal ini membantu pengguna untuk memilih file mana saja yang ingin diunduh. Sangat mudah, ya?

6. Mengaktifkan Tema Dark di WhatsApp

Bukan hanya Twitter saja yang menyediakan fitur dark mode, karena WhatsApp juga memiliki fitur tersebut. Sedikit informasi, fitur dark mode ini hanya mengubah tampilan WhatsApp menjadi lebih gelap. Selebihnya tidak ada perubahan yang berarti.

Biasanya fitur ini sangat disenangi oleh pengguna yang lebih menyukai tema dark dan tidak terlalu terang. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, berarti kamu perlu mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Whatsapp Dark Mode

  • Sama seperti cara sebelumnya, silakan masuk ke dalam menu Setelan atau Settings. Setelah itu, pengguna bisa klik pada opsi Chat.
  • Berikutnya, pengguna akan melihat beberapa pilihan menu lagi. Nah, sekarang bisa langsung klik Tema.
  • Langkah terakhir, silakan langsung pilih tema ‘Gelap’ dan lanjutkan dengan klik OKE untuk memasang tema tersebut.

Selesai sudah, kini semua tampilan WhatsApp di HP akan berubah menjadi serba gelap dan didominasi dengan warna hitam. Bagaimana, kamu lebih menyukai tampilan terang atau gelap?

Itulah tadi bahasan 6 fitur WhatsApp yang penting untuk diketahui para penggunanya. Fitur-fitur seperti ini tidak akan dimakan oleh zaman dan sering dibutuhkan oleh penggunanya. Jika kamu tahu informasi fitur WhatsApp yang lebih menarik, beri tahu kami dan pembaca lainnya di kolom komentar, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here