Auto Reply WhatsApp

Bagi beberapa pemilik usaha, fitur Autoreply sangat berguna untuk menunjang penjualan produknya. Hanya saja, penggunaan WA Business kadang memerlukan nomor baru yang perlu didaftarkan. Nah, sebenarnya ada cara membuat auto reply Whatsapp tanpa WA Business yang bisa kamu coba.

Caranya tidak lain dan tidak bukan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh pada PlayStore. Sebenarnya, banyak aplikasi auto reply yang bisa kamu gunakan. Namun, pada artikel ini, kami akan memberikan tutorial membuat auto reply menggunakan aplikasi WhatsAuto.

Berikut artikelnya buat kamu dan simak langkah-langkah membuat auto reply whatsapp tanpa wa bisnis dengan seksama ya.

Install dan Buka Aplikasi WhatsAuto

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasang aplikasi WhatsAuto pada ponsel pintar Anda. Anda bisa mengunduh aplikasi WhatsAuto pada PlayStore. Ukurannya pun tak terlalu besar, jadi tidak perlu khawatir.

2. Jika sudah, buka aplikasi WhatsAuto dan kamu akan langsung disuguhi dengan tampilan seperti ini.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

Buat dan Edit Pesan Otomatis

1. Pada tampilan awal WhatsAuto, kamu akan langsung diarahkan pada tab ‘Rumah’. Pada tab tersebut, kamu bisa langsung membuat balasan otomatis atau auto reply yang kamu inginkan.

2. Langkah pertama adalah kamu harus menyalakan bagian ‘Jawab Otomatis’ dari MATI menjadi AKTIF.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

3. Kemudian, kamu bisa mengatur pesan otomatis yang akan kamu gunakan dari daftar yang sudah ada pada bagian ‘Pilih teks Anda’. Kamu tinggal mengeklik pesan yang akan kamu gunakan pada bagian tersebut.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

4. Selain itu, kamu juga bisa mengedit teks balasan otomatis yang ada pada bagian ‘Teks balasan otomatis’ dengan mengeklik simbol pensil. Kamu tinggal mengedit teks balasan sesuai yang kamu inginkan.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

Tentukan Penerima Pesan Otomatis

1. Jika kamu sudah membuat atau mengedit autoreply yang akan kamu gunakan, kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa menerima autoreply yang sudah kamu buat.

2. Kamu bisa memilih opsi ‘Semua orang’ jika memang autoreply kamu tujukan untuk semua orang. Sementara itu, kamu bisa memilih beberapa orang saja dengan opsi ‘Daftar kontak saya …’. Ada juga opsi ‘Kecuali daftar kontak saya …’ dan ‘Kecuali kontak ponsel saya’ untuk tidak mengirimkan ke beberapa orang tertentu pada.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

3. Bahkan, kamu bisa membuat autoreply untuk grup tertentu dengan mencentang opsi ‘Aktifkan Grup’.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

Atur Menu Lainnya

Selain ada menu untuk autoreply WhatsApp, kamu juga bisa memilih menu lain, seperti di bawah ini:

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business
Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

1. Aplikasi yang didukung

Menu ini bisa kamu gunakan untuk membuat autoreply tidak hanya untuk WhatsApp, tetapi juga beberapa aplikasi sosial media dan perpesanan yang kamu gunakan, termasuk Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin, Messenger, Messenger Lite, Signal, FB Pages Manage, dan Viber.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

2. Balasan ubahsuaian

Menu ini khusus digunakan untuk membuat pesan otomatis yang sudah kamu edit sedemikian rupa. Kamu tidak harus menggunakan template pada aplikasi WhatsAuto. Bahkan, kamu bisa menambahkan nama di belakang pesan otomatis milikmu untuk memastikan kalau yang membalas memang kamu sendiri.

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business
Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Tanpa WA Business

3. Menu Balas

Menu ini bisa kamu gunakan kalau kamu ingin membuat autoreply yang berbentuk seperti menu layaknya pesan-pesan pada call center. Jadi, kamu bisa membuatnya untuk kepentingan penjualan produk bisnismu.

4. Selamat Pesan

Menu ini digunakan untuk membuat pesan ucapan selamat datang ketika seseorang mengirimkan pesan padamu. Menu ini cocok untuk menyambut pelanggan barumu pada nomor usaha yang kamu miliki.

5. Spreadsheet

Menu ini berfungsi lebih seperti database yang bisa membuat kamu lebih mudah dalam membuat dan mengedit pesan otomatis. Jadi, kamu bisa tidak perlu membuka aplikasi WhatsAuto, tetapi mengubahnya melalui aplikasi Spreadsheet yang terpasang di ponselmu.

6. Server

Menu ini digunakan untuk membuat URL khusus yang bisa kamu gunakan agar pengirim pesan bisa mengirimkan sesuai yang kamu inginkan. Biasanya, fitur ini bisa digunakan untuk pemilik usaha yang ingin menjual produknya melalui media sosial atau situs tertentu.

7. Uji Balas

Menu ini khusus digunakan untuk menguji pengaturan yang sudah kamu buat sebelumnya. Jadi, kamu bisa mengujinya melalui fitur ini. Kamu tinggal mengetik pesan yang bisa memancing pesan otomatismu muncul.

8. Dialogflow

Menu ini khusus untuk membuat dialogflow atau layaknya bot secara otomatis. Hanya saja, kamu perlu login melalui akun Google milikmu. Menu ini sangat cocok kalau memang kamu menginginkan membuat bot untuk keperluan tertentu.

Kontrol Statistik Pesan Otomatis yang Dikirimkan

1. Kamu juga bisa mengontrol statistik pesan otomatis yang kamu kirimkan pada tab Statistik. Kamu tinggal mengeklik tab ‘Statistik’ yang berada pada posisi paling kanan di antara tab lainnya.

2. Pada tab tersebut akan ditampilkan seluruh media sosial yang gunakan. Nantinya kamu juga bisa mengunduh laporan statistik dari pesan otomatismu dengan mengeklik simbol download yang berada seperti pada gambar di bawah ini.

Akhir Kata

Itu tadi sekilas mengenai cara membuat auto reply WhatsApp tanpa menggunakan WA Business. Cara ini bisa kamu gunakan untuk membantu proses pelayanan kepada pelangganmu loh. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk usahamu, ya!

Muhammad Zaki Fajrul Haq

Penulis lepas yang tertarik dengan banyak hal dan selalu berusaha untuk terus belajar menjadi lebih baik.

Leave a Comment